logo
Basket | Detail

Cara Menghitung Perolehan Poin dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 23:30 WIB
Cara Menghitung Perolehan Poin dalam Permainan Bola Basket
Cara menghitung perolehan poin dalam bola basket ada beragam (Foto: Reuters/Kyle Terada)

JAKARTA - Cara menghitung perolehan poin dalam bola basket akan diulas melalui artikel ini. Bola basket merupakan salah satu dari olahraga yang populer di dunia. Dimainkan beregu oleh lima orang pemain, basket termasuk dalam permainan bola besar karena ukuran diameter bola melebihi 50 sentimeter (cm).

Mencetak poin dalam permainan bola basket merupakan tujuan utama para pemain. Kedua regu akan berlomba-lomba untuk menciptakan poin yang banyak dari pertandingan bola basket. Perolehan poin saat pertandingan sudah diatur dalam peraturan pertandingan bola basket. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Berikut Cara Menghitung Perolehan Poin dalam Permainan Bola Basket:

Perolehan poin dalam permainan bola basket dikumpulkan dengan cara memasukan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring basket. Penentuan poin bila bola sudah dimasukkan ke dalam ring basket ternyata ada nilai tersendiri.

  • Nilai 1 ( Free Throw)

Tembakan dasar dengan poin terkecil. Saat pemain melakukan tembakan masuk dari lemparan bebas (lemparan penalti). Lemparan bebas merupakan percobaan melakukan tembakan tanpa rintangan dengan menembak dari arah belakang garis lemparan (free throw line)

  • Nilai 2 (Regular Shot)
Stephen Curry tampil gemilang untuk membawa Golden State Warriors menang atas Dallas Mavericks (Foto: Reuters/Kyle Terada)
Lemparan Stephen Curry membuahkan dua poin dalam pertandingan bola basket (Foto: Reuters/Kyle Terada)

Setiap pemain yang berhasil melakukan tembakan ke ring akan diberikan nilai dua. Tembakan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari lay up, jump shot, hook, dan sebagainya.

  • Nilai 3 (Three Point)

Angka tertinggi dalam perolehan poin permainan bola basket. Cara mendapatkan three point dilakukan pada jarak yang cukup jauh, jika bola masuk pada saat pemain berada di garis luar penalti.

  • Point Bonus

Mendapatkan bonus poin bila tim lawan melakukan pelanggaran defensif selama sisa kuarter. Bila di pertandingan NBA (National Basketball Association), pengaktifan poin bonus ketika tim lawan melakukan pelanggaran kelima, dalam jangka waktu dua menit terakhir.

Demikian informasi cara menghitung perolehan poin dalam bola basket, yang telah Sportstars.id rangkum semoga bermanfaat bagi pembaca. 

(Adi Sekararum Destiani)

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1882 seconds [13]