logo
Balap Lainnya | Detail

Cara Mengetahui Pajak Motor di STNK: Sangat Mudah!

Okta Novanto
Senin, 26 Desember 2022, 16:55 WIB
Cara Mengetahui Pajak Motor di STNK: Sangat Mudah!
Pajak motor di kendaraan dapat diketahui dan wajib dilunasi biar tidak terkena denda.

JAKARTA - Cara mengetahui pajak motor di STNK menjadi informasi yang diburu oleh publik Tanah Air. Terlebih bagi yang ingin menuntaskan kewajibannya bayar pajak kendaraan.

Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor seperti yang sudah tertuang pada PERDA Nomor 8 Tahun 2010. Surat Tanda Nomor Kendaraan dimiliki setiap pemilik kendaraan. 

Dalam dokumen tersebut terdapat nama pemilik, ciri kendaraan, hingga besaran pajak dari kendaraan tersebut. Berikut cara mengetahui pajak motor di STNK yang telah Sportstars.id rangkum dari sumber terpercaya;

Pihak kepolisian langsung mendatangi tempat kejadian terbunuhnya sepupu Tyson Fury (Foto: The Sun)

Cara Mengetahui Pajak Motor di STNK 

Cara mengetahui pajak motor di STNK yaitu dengan melihat salah satu sisi dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Bagian tersebut terdapat tabel yang berisi rincian besaran pajak kendaraan lengkap dengan jumlah pajak yang wajib dibayarkan

Tak hanya itu, informasi mengenai tanggal ditetapkannya pun tersedia. Sehingga jika pengemudi tidak menginginkan terkena denda, maka bayarlah pajak sebelum jatuh tempo.

Adapun 5 cara lain untuk melihat pajak motor selain di STNK sebagai berikut:

  1. Lewat SMS

Besaran pajak motor bisa dicek lewat SMS dengan cara berikut ini:

  • Ketik info (spasi) ranmor (spasi) nomor kendaraan/nomor polisi.
  • Cek ulang nomor kendaraan yang kalian masukan.
  • Kirim SMS ke 8893.
  1. Melalui Call Center

Berikutnya kalian juga dapat memanfaatkan layanan call center. Caranya yaitu dengan menekan *368881#. Nanti kalian akan terhubung dengan CS tersebut dan ditanya mengenai nopol serta NIK. Berikutnya informasi lengkap akan masyarakat dapatkan.

  1. Aplikasi Cek Ranmor Polda

Silakan unduh aplikasi bernama Cek Ranmor DKI Jakarta di Playstore. Berikutnya masuk dan isi informasi mengenai nopol hingga NIK untuk mengetahui data besaran pajaknya.

  1. Aplikasi SIGNAL

Adapun aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengecek PKB yaitu SIGNAL. Kalian dapat download di playstore kemudian buka dan isi data yang diminta, nanti informasi lengkap mengenai PKB akan muncul.

  1. Website Resmi SAMSAT

Cara terakhir yakni melalui website resmi SAMSAT. Pada situs tersebut anda akan mendapatkan informasi mengenai tarif pajak hingga tanggal jatuh temponya. Namun layanan ini hanya terbatas pada wilayah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, dan Jatim.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui pajak motor di STNK, semoga bermanfaat  bagi pembaca setia Sportstars.id .


 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1975 seconds [13]