Ragam Lainnya | Detail

Cara Mengambil Nafas dalam Renang Gaya Dada

Rifqi Herjoko
Kamis, 09 Juni 2022, 22:15 WIB
Cara Mengambil Nafas dalam Renang Gaya Dada
Cara mengambil nafas dalam renang gaya dada (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Cara mengambil nafas dalam renang gaya dada penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin mendalami olahraga ini. Penguasaan teknik mengambil napas yang baik dalam renang gaya dada dapat membantu Anda berenang dengan lebih nyaman.

Gaya dada atau biasa disebut sebagai breaststroke adalah gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap. Pada gerakan ini, kedua kaki diharuskan menendang ke luar. Sementara itu, kedua tangan harus lurus ke depan.

Penting untuk kita mengetahui cara mengambil nafas dalam melakukan renang gaya dada. Dalam melakukan pengambilan nafas pada renang gaya dada, posisi kepala menjadi faktor penting untuk menjaga gerakan tetap lurus.

Pada gerakan mengambil napas, timing menjadi penting untuk diperhatikan. Pilihan waktu yang salah dalam mengambil napas bisa menghentikan gerak maju seorang perenang. Di sisi lain, pemilihan waktu yang tepat untuk mengambil napas dapat meningkatkan gerak maju perenang.

Lantas, bagaimana cara mengambil nafas dalam renang gaya dada? Berikut penjelasan singkat terkait langkah-langkah melakukan teknik tersebut dari sportstars.id.

Dilansir dari Nataswim, Kamis (9/6/2022), dorong dinding kolam untuk menciptakan momentum awalan. Usahakan badan berada sedikit di bawah permukaan air. Setelah itu, coba untuk menggerakan tangan dengan menyapu ke arah luar.

Arahkan tangan melingkar ke arah samping. Rasakan perubahan posisi pada tubuh Anda setelah itu. Gerakan tersebut akan membuat bagian atas tubuh Anda naik. Tanpa harus menaikkan dagu, mulut Anda akan keluar dari permukaan air.

Gunakan kesempatan itu untuk mengambil napas. Setelah itu, buat tubuh Anda kembali ke posisi di sedikit bawah permukaan air saat wajah Anda kembali ke air. Coba terus latih kemampuan mengambil napas Anda agar semakin terbiasa melakukannya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1472 seconds [13]