logo
Ragam Lainnya | Detail

Cara Menentukan Tingkat Kelincahan Seseorang

Tim Sportstars
Kamis, 03 November 2022, 20:40 WIB
Cara Menentukan Tingkat Kelincahan Seseorang
Zig-zag Run menjadi salah satu cara untuk menentukan tingkat kelincahan seseorang (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Cara menentukan tingkat kelincahan seseorang ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam mempercepat gerak tubuh, memperlambat gerak, dan melakukan perpindahan tubuh dengan cepat.

Kelincahan terbagi menjadi dua bagian, yaitu kelincahan umum (general agility) dan kelincahan khusus (special agility). Kelincahan seseorang saat berolahraga atau saat menghadapi situasi hidup serta lingkungan disebut kelincahan umum atau general agility. Sementara kelincahan khusus adalah kelincahan seseorang yang digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga khusus dalam cabang olahraga tertentu.

Cara Menentukan Tingkat Kelincahan Seseorang

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022) berikut Sportstars.id telah merangkum cara menentukan tingkat kelincahan seseorang.

Shuttle Run

Shuttle run adalah latihan pengukuran kelincahan dengan berlari cepat secara bolak-balik, bisa divariasikan dengan lari bolak-balik mengambil bola atau membentuk angka delapan.

Squat Thrust

Squat thrust adalah pengukuran kelincahan dengan melakukan gerakan meloncat ke atas dengan kedua lengan lurus ke atas terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan posisi jongkok kedua telapak tangan menumpu pada lantai lalu dilanjutkan dengan posisi meluruskan kaki ke belakang sampai membentuk posisi sikap push-up lalu kembali jongkok dan loncat lagi. 

Zig-zag Run

Melakukan lari bolak-balik melewati rintangan berupa cones dan dilewati secara zig-zag. Pelari berlari zig-zag dengan cepat sebanyak dua hingga tiga kali di antara beberapa titik mulai dari 4-5 titik dan berjarak diantara dua meter.

Itulah cara menentukan kelincahan seseorang kamu juga bisa melakukan tes kelincahan di luar lapangan dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Semoga artikel dapat membantu pembaca dalam mencari informasi. (Muhammad Farhan)

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1745 seconds [13]