logo
Bola Lainnya | Detail

Cara Menendang Bola dengan Punggung Kaki

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 22:31 WIB
Cara Menendang Bola dengan Punggung Kaki
Gelandang Man United, Bruno Fernandes, mempraktekkan teknik menendang bola dengan punggung kaki di atas permukaan tanah (Foto: Reuters/Phil Noble)

JAKARTA - Teknik menendang bola dengan punggung kaki akan dibahas dalam artikel ini. Cara menendang bola dengan punggung kaki membutuhkan latihan terus-menerus untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Karena itu, teknik dasar maupun tingkat lanjut sangat diperlukan. Contoh teknik dasar yang diperlukan adalah mengontrol bola, mengoper, menggiring, dan akurasi. 

Menendang bola dengan punggung kaki biasanya dilakukan untuk melepaskan umpan lambung jarak jauh. Umumnya hal ini dilakukan oleh kiper dan pemain bertahan untuk memulai permainan setelah situasi bola mati.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022), berikut Sportstars.id telah merangkum cara menendang bola dengan punggung kaki. Mari disimak dan dipraktekkan:

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, gagal menjalankan tugasnya pada laga Final Piala Liga Inggris 2021-2022 kontra Liverpool (Foto: Reuters/John Sibley)
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, mempraktekkan teknik menendang bola dengan punggung kaki (Foto: Reuters/John Sibley)
  1. Posisi badan berada di belakang bola dengan posisi agak ke samping dari garis lurus bola. 
  2. Letakkan kaki tumpuan di samping belakang bola dengan jarak 30 sentimeter (cm), sedangkan kaki untuk menendang berada di belakang bola. 
  3. Saat menendang, ayunkan kaki belakang sehingga mengenai bola tepat di punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola. 
  4. Saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegangkan.
  5. Tendangan kaki dengan mengangkatnya dan arahkan ke depan disertai pandangan yang mengikuti jalannya bola ke sasaran dan buka lengan disamping badan untuk keseimbangan.

Seperti itulah cara menendang bola dengan punggung kaki. Semoga artikel ini membantu pembaca dalam melakukan kegiatan olahraga sepak bola

(Muhammad Farhan)

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1551 seconds [12]