Ragam Lainnya | Detail

Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Tinggi

Saliki Dwi Saputra
Selasa, 14 Juni 2022, 16:14 WIB
Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Tinggi
Cara mendarat yang benar dalam Lompat Tinggi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Cara mendarat yang benar dalam lompat tinggi penting diketahui untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Metode ini juga berguna untuk menghindari terjadinya cedera.

Lompat tinggi merupakan nomor perlombaan dalam cabang olahraga atletik. Di Indonesia, lompat tinggi menjadi olahraga yang berada di bawah naungan organisasi PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Olahraga lompat tinggi dilombakan untuk memperoleh lompatan melewati mistar dengan ketinggian tertentu. Pada ajang olahraga multicabang seperti Olimpiade, lompat tinggi menjadi salah satu kategori yang diikutsertakan di cabang atletik.

Dalam pratiknya, lompat tinggi memadukan gerakan melompat dengan teknik dan gerakan tertentu untuk melewati mistar. Tujuannya agar dapat melompat melewati mistar tanpa menjatuhkan mistar tersebut.

Lompat Tinggi Sejarah, Teknik Dasar Gaya Lompat dan Peraturan
Lompat Tinggi Sejarah, Teknik Dasar Gaya Lompat dan Peraturan

Selain teknik awalan, tolakan, dan melewati mistar, kesuksesan lompat tinggi juga bergantung pada teknik pendaratan. Dirangkum dari berbagai sumber, teknik pendaratan tidak hanya menjatuhkan badan ke matras.

Cara mendarat yang benar dalam lompat tinggi bisa dimulai dengan sisi kanan tubuh mengguling dengan bahu. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera.

Saat mendarat posisi kedua kaki agak rapat kemudian lutut dibengkokkan. Mendaratlah paling awal menggunakan telapak kaki. Posisikan tangan lurus ke depan dan badan condong ke depan.

Demikianlah cara mendarat yang benar dalam lompat tinggi. Semoga dapat berguna bagi kebutuhan para pembaca. 

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1516 seconds [13]