Ragam Lainnya | Detail

Cara Mendapatkan Kecepatan Saat Berenang

Johana Joy Artamira
Rabu, 01 Juni 2022, 01:27 WIB
Cara Mendapatkan Kecepatan Saat Berenang
Renang gaya kupu-kupu memiliki teknik untuk mendapatkan kecepatan (Foto: Reuters/Marko Djurica)

JAKARTA–Renang merupakan salah satu olahraga yang disukai oleh banyak orang. Pasalnya, olahraga ini dapat memberi berbagai manfaat yang baik untuk tubuh seperti dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, menyehatkan jantung, dan menurunkan berat badan.

Dalam praktiknya, jika seseorang hendak melakukan renang maka ia dapat menerapkan berbagai gaya seperti gaya kupu – kupu, gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada.

Pada saat berenang, terdapat sejumlah hal yang perlu diketahui. Salah satunya adalah cara mendapatkan kecepatan renang. Mari kita ketahui tentang cara mendapatkan kecepatan pada saat berenang:

Kecepatan Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu – kupu merupakan gaya renang yang tergolong sulit untuk dilakukan. Lantaran, gaya ini memerlukan teknik yang benar dan ritme gerakan tubuh, kaki, dan lengan yang sesuai.

Kecepatan renang dalam gaya kupu – kupu didapat dari dengan adanya kedua belah tangan yang diayunkan secara bersamaan. Tidak hanya itu, dorongan kaki yang juga dilakukan dengan bersamaan pun dapat mempengaruhi kecepatan renang gaya kupu – kupu.

Kecepatan Renang Gaya bebas

Renang gaya bebas atau front crawl adalah renang yang dilakukan dengan sikap tubuh telungkup dan gerakan kedua kaki diayunkan dari atas ke bawah secara bergantian. Ciri-ciri gaya bebas adalah seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. 

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam gaya bebas adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan.

Renang gaya bebas ini sangat digemari karena merupakan paling mudah dilakukan dibanding gaya renang lainnya. Selain itu, renang gaya bebas bisa bergerak dengan cepat karena ayunan dari kedua tangan dan kaki. 

Apabila semakin cepat gerakan tangan dan kaki, maka semakin cepat pula laju berenang.

Kecepatan Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung atau Back Stroke adalah teknik berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas. Perenang harus dapat mengapung di atas air, menggunakan punggung.

Untuk mendapatkan kecepatan berenang pada renang gaya punggung didapat dari gerakan tangan dan kaki secara bergantian.

Kecepatan Renang Gaya Dada

Gaya dada atau biasa disebut gaya katak adalah gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap. Gerakan kedua belah kaki menendang ke luar sementara itu kedua belah tangan lurus ke depan.

Untuk mendapatkan kecepatan berenang pada renang gaya punggung didapat dari gerakan tangan dan kaki secara bergantian.

Itulah tadi informasi mengenai cara mendapatkan kecepatan renang gaya kupu – kupu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1462 seconds [12]