logo
Ragam Lainnya | Detail

Cara Memegang Alat Pemukul dalam Permainan Bola kasti: Agar Bola Melambung Jauh

Okta Novanto
Rabu, 24 Agustus 2022, 18:24 WIB
Cara Memegang Alat Pemukul dalam Permainan Bola kasti: Agar Bola Melambung Jauh
Beberapa anak tampak sudah memahami cara bermain bola kasti (Foto: Kemendikbud).

JAKARTA - Cara memegang alat pemukul dalam permainan bola kasti hukumnya wajib diperhatikan. Karena momen memukul bola kasti menjadi gerakan yang krusial dalam memainkan olahraga ini.

Pada permainan bola kasti terdapat dua regu penjaga dan pemukul. Setiap pemukul mendapatkan satu kali giliran memukul kecuali pemukul terakhir mendapatkan 3 kali jatah memukul.

Untuk menghasilkan pukulan yang baik sehingga bola melambung jauh sehingga sulit ditangkap oleh lawan maka perlu mempelajari cara memegang alat pemukul. Lalu ketika pemukul sudah benar dalam memegang alat pemukul maka hasilnya akan baik dan selangkah menuju kemenangan.

Bagaimana cara memegang alat pemukul dalam permainan bola kasti? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Mengetahui teknik dasar permainan bola kasti dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Cara Memegang Alat Pemukul dalam Permainan Bola kasti

Awali dengan menggenggam pemukul dengan kedua tangan terlebih dahulu. Tangan terkuatnya memegang bagian ujung bawah alat pemukul lalu tarik hingga belakang pundak.

Kemudian saat memukul ada 3 tipe cara memegang karena ada tiga jenis pukulan sehingga tergantung pada jenis pukulan apa yang hendak dilesatkan.

Berdasarkan Modul Tema 11 Meraih Kebugaran pada Permainan Bola keluaran Kemendikbud 2020, pukulan melambung dan merendah lakukanlah memegang pemukul dengan satu tangan.

Sedangkan untuk pukulan mendatar, lakukanlah pemukulan bola dengan dua tangan yang menggenggam pemukul.

Demikian informasi mengenai cara memegang alat pemukul dalam permainan bola kasti, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1648 seconds [13]