logo
Hobi | Detail

Cara Mematikan Lawan dalam Permainan Bola Kasti: Gagal Memukul Tiga Kali, Dinyatakan Kalah

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 19:01 WIB
Cara Mematikan Lawan dalam Permainan Bola Kasti: Gagal Memukul Tiga Kali, Dinyatakan Kalah
Beberapa anak tampak sudah memahami cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA - Cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Kasti merupakan salah satu olahraga bola kecil yang dimainkan secara beregu yang dimainkan dengan cara melempar, menangkap, dan memukul.

Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul dan penjaga. Dalam satu regu biasanya terdiri dari 12 orang pemain, dengan batas minimal 6 orang pemain dan maksimal 15 orang pemain.

Kasti mengutamakan beberapa unsur, seperti kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan. Kasti biasa dimainkan di lapangan terbuka. Namun masih banyak yang belum paham pengertian dan sejarah permainan bola kasti tersebut. Permainan ini dapat melatih kedisiplinan diri dan ketangkasan pada anak-anak. 

Dalam permainan kasti ada beberapa taktik dan teknik yang harus dikuasai. Salah satunya teknik pertahanan apa saja yang diperlukan. Pemain juga perlu mengetahui trik cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti. Kali ini, Sportstars.id akan memberikan penjelasan seputar cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti. 

anak anak sedang bermain kasti meski tidak menggunakan gambar dan ukuran lapangan bola kasti sesuai standar. (Foto: bengkulu.kemenag.go.id)

Cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti

  • Dalam permainan bola kasti, cara mematikan lawan adalah ketika bola bisa mengenai pemukul. 
  • Lemparan bola akan dianggap tidak sah apabila bola mengenai kepala lawan main. Hal tersebut sudah tertulis dalam aturan dalam permainan bola kasti. 
  • Mematikan lawan bisa dilakukan jika pemukul gagal mengenai bola sebanyak tiga kali. 
  • Tidak hanya itu, mematikan lawan juga bisa dilakukan dengan menyentuhkan bola atau men-tik bola ke lawan ketika sudah mendekati base.

Itulah penjelasan mengenai cara mematikan lawan dalam permainan bola kasti yang perlu diketahui. Dalam melaksanakan olahraga kasti, ada baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai aturan, cara main, hingga trik dalam permainan bola kasti. (Nur Fitriani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1626 seconds [13]