Hobi | Detail

3 Cara Melempar Bola Pada Permainan Softball dan Tahapan Lengkapnya

Sulthan Muafa
Jum'at, 22 April 2022, 17:41 WIB
3 Cara Melempar Bola Pada Permainan Softball dan Tahapan Lengkapnya
Atlet softball China memperlihatkan teknik melempar bola atas saat tampil Asian Games 2018. (Foto: @asiangames2018)

JAKARTA - Teknik cara melempar bola pada permainan softball tentunya harus akurat dan benar sekiranya bisa dikuasai bagi pemain yang tengah menggeluti olahraga tersebut. Hal ini demi kelancaran agar performanya lebih terarah dan berkembang.

Secara teknik lemparan pada permainan softball terbagi menjadi tiga bagian; Lemparan ke arah atas, lemparan ke samping dan lemparan arah bawah. Berikut penjelasan lengkap mengenai cara melempar bola pada permainan softball. Penasaran? yuk simak di bawah ini. 

1. Lemparan ke arah bawah 

Lemparan bawah dilakukan dengan cara badan membungkuk dengan kedua kaki ditekuk. Untuk melakukannya biasanya dalam keadaan genting atau waktu sudah mepet. 

Lemparan ini bisa membuat lawan tak berkutik. Sayang lebih condong tidak begitu kuat tapi sasarannya stabil terarah. Berikut tahapan lemparan bawah. 

  • Awali dengan posisi berdiri dibarengi sikap siap melangkah
  • Berat badan bertumpu pada kaki belakang dan pandangan lurus ke arah sasaran
  • Nanti saat bola dilempar harus tertuju depan melalui samping badan dengan tangan yang direndahkan, sekaligus pindahkan berat badan ke kaki depan
  • Akhiri gerakan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan, bertumpu, dengan pandangan mata tetap mengikuti arah terlemparnya bola.

2. Lemparan ke Samping

Lemparan ke samping, pada bagian ini dilakukan dengan bahu dan lengan harus sejajar. Biasanya dilakukan dalam keadaan jarak terlihat begitu pendek sehingga bola yang nantinya dilempar akan terarah lurus dan mudah cepat. Berikut tahapan lemparan ke samping. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1354 seconds [13]