logo
Basket | Detail

4 Cara Melempar Bola dalam Permainan Basket dan Teknik yang Benar

Tim Sportstars
Senin, 19 September 2022, 16:53 WIB
4 Cara Melempar Bola dalam Permainan Basket dan Teknik yang Benar
Cara melempar bola dalam permainan bola basket menjadi salah satu kunci dalam permainan di pertandingan resmi seperti DBL 2022. (Foto: DBL)

JAKARTA  - Cara melempar bola dalam permainan bola basket atau yang biasa disebut dengan passing perlu diketahui sebelum memulai permainan populer ini. Passing merupakan teknik melempar bola dalam permainan basket.

Setiap pemain bola basket perlu mengetahui teknik teknik wajib di permainan bola basket, diantaranya, passing, shooting, dribling, pivot, rebound. Namun, tulisan ini akan membahas seputar cara melempar bola dalam permainan bola basket. Terdapat macam macam jenis lemparan yang dapat diterapkan. 

Bola basket adalah olahraga kelompok dan setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Kedua tim bermain dan harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke  ring lawan. Bola basket memiliki waktu permainan standar internasional 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit. 

Ada empat cara  melempar bola atau mengumpan kepada rekan setim dalam permainan bola basket yaitu chest pass, bounce pass, overhead pass, dan Behind the Back Pass.

Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

Chest Past

Chest pass merupakan teknik pelemparan bola yang dilakukan dari lemparan di depan dada. Lemparan ini biasa disebut umpan langsung. Pemain tidak perlu memantulkan bola terlebih dahulu sebelum melemparkan bola ke arah rekan setim nya. Lemparan ini dilakukan secara lurus sejajar dengan tinggi dada. Passing dada cocok digunakan untuk melakukan pelemparan secara cepat. 

Bounce Pass

Bounce pass hampir sama seperti lemparan dada atau chest pass. Yakni, proses pelemparan bola dilakukan sejajar dengan tinggi badan. Namun, bedanya adalah pada teknik ini, bola harus dipantulkan ke tanah terlebih dahulu. Seseorang yang melakukan teknik ini harus menguasai keakuratan lapangan sehingga bidikan yang diciptakan akan lebih efektif.

Pebasket Sierra Calrk memperlihatkan cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket. (Foto: cuieagles.com)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1667 seconds [12]