logo
Hobi | Detail

Cara Melakukan Tumpuan atau Tolakan pada Lompat Jauh Wajib Diketahui Pemula

Tim Sportstars
Kamis, 15 September 2022, 18:00 WIB
Cara Melakukan Tumpuan atau Tolakan pada Lompat Jauh Wajib Diketahui Pemula
Salah satu cara melakukan tumpuan atau tolakan pada lompat jauh (Foto: Shutterstok)

JAKARTA -  Cara melakukan tumpuan atau tolakan pada lompat jauh perlu diketahui untuk para pemula. Lompat jauh merupakan salah cabang olahraga atletik lompat. Lompat jauh adalah olahraga melompat ke depan, dengan menahan badan selama mungkin di udara sebelum jatuh ke bak lompat.

Olahraga lompat jauh membutuhkan peralatan seperti lintasan yang memadai, papan tolak, serta bak pasir.  Panjang lintasan lari sebelum melompat 13,45 m, panjang bak lompat 9 m, dan lebar bak lompat 2,75 m. Sebagai pemula untuk melakukan lompat jauh perlunya mengetahui teknik awalan, teknik tumpuan, teknik tolakan, dan teknik mendarat. 

Berikut dibawah ini cara melakukan teknik tumpuan atau tolakan lompat jauh.

Teknik Tumpuan Lompat Jauh

Tumpuan pada lompat jauh bisa menggunakan kaki kiri atau kaki kanan. Cara melakukan tumpuan awalan dalam lompat jauh yaitu pelompat berlari sekencang-kencangnya menuju papan tolakan,dan mendarat sejauh-jauhnya ke bak pasir. Sebelum berlari pelompat harus, memperkirakan kecepatan berlari sekitar 20-45m dari garis lintasan menuju garis lompatan. 

Teknik Tolakan Lompat Jauh

Tolakan dilakukan dengan salah satu kaki yang terkuat, agar tubuh terangkat sempurna saat melayang di udara sebelum terjun ke bak pasir. Kaki akan melakukan lompatan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas, usahakan tubuh dalam keadaan seimbang sesuai dengan gaya lompat yang digunakan.

Diperhatikan juga posisi kaki saat melayang dalam lompat jauh memiliki perbedaan di setiap gaya yang digunakan. Diantaranya terdapat gaya jongkok, gaya menggantung, gaya lenting, gaya berjalan diudara. Selain itu cara mendarat yang benar dalam lompat jauh juga harus pas agar mendapatkan nilai terbaik.

MIMIKA - Atlet lompat jauh Bali Maria Natalia Londa mengikuti final Lompat Jauh PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex. Selasa (05/10/2021). Medali perak nomor lompat jauh ini diraih atlet asal Nusa Tenggara Barat Rohani dengan jarak lompat

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah menggunakan tumit atau kaki tumpuan yang sejajar sekaligus, sejauh mungkin dari titik tolakan. Risiko cedera juga bisa terjadi jika salah mendarat. Meski mendarat di pasar setelah melakukan lompatan, risiko cedera tetap ada. Cedera terjadi diakibatkan oleh cara mendarat mereka yang kurang baik. 
 
Demikian informasi yang telah Sportstar rangkum, semoga  cara melakukan tumpuan atau tolakan pada lompat jauh bisa bermanfaat bagi pembaca. (Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1556 seconds [12]