logo
Basket | Detail

Cara Melakukan Screen dalam Permainan Bola Basket

Intan Rachmasari
Sabtu, 20 Agustus 2022, 12:30 WIB
Cara Melakukan Screen dalam Permainan Bola Basket
Dalam permainan basket ini terdapat banyak teknik yang perlu dipahami. Salah satunya adalah cara melakukan screen yang baik dan benar (Foto: REUTERS).

JAKARTA - Cara melakukan screen dalam permainan bola basket menjadi informasi yang penting untuk dibahas. Dalam permainan basket ini terdapat banyak teknik yang perlu dipahami. Salah satunya adalah cara melakukan screen yang baik dan benar. 

Screen sendiri merupakan gerakan pemblokiran oleh pemain ofensif di mana mereka berdiri di samping atau di belakang pemain bertahan untuk membebaskan rekan setimnya baik untuk melepaskan umpan atau masuk untuk mencetak poin. 

Teknik ini perlu dilakukan dengan cara yang baik dan benar, karena screen sangat berpotensi dijadikan sebagai sebuah pelanggaran atau dianggap tidak sah. Sehingga para pemain harus paham betul cara melakukannya.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahas informasi mengenai cara melakukan screen dalam permainan bola basket. Berikut informasinya;

ARIZONA - Pemain Sacramento Kings Davion Mitchell (15) berduel dengan pemain Phoenix Suns pada babak pertama bola basket NBA di Footprint Center di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Minggu (10/4/2022) waktu setempat.   Sacramento Kings menang atas Phoeni

Cara Melakukan Screen dalam Permainan Bola Basket

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan screen salah satunya adalah pemain yang melakukan screen harus menyentuh pemain defensif lawan yang akan diblok. Pemain yang tidak membawa bola, mendekati rekan yang membawa bola dengan tujuan menghadang lawan.

Namun hal ini dilakukan harus dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya pelanggaran. Jika tidak sampai bersentuhan maka pemain defensif tersebut dapat dengan mudah terbebas dan terhindar dari screen.

Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah jarak yang diperbolehkan dalam melakukan screen tidak boleh kurang dari 1 langkah normal dan tidak boleh untuk lebih dari 2 langkah normal.

Adapun cara melakukan screen dalam permainan bola basket sebagai berikut :

  1. Pemain mendekati pemain lawan sambil tidak membawa bola.
  2. Kemudian pemain yang tidak membawa bola ini harus berdiri tegak dengan posisi kaki kuda - kuda di samping pemain lawan. 
  3. Setelah melakukan kuda - kuda kaki tidak boleh digerakkan lagi untuk menghindari pelanggaran yang disebut  moving screen.
  4. Tangan pemain yang melakukan screen harus berada di depan dadanya untuk melindunginya dari kontak fisik yang berlebihan.
  5. Pemain layar harus bisa memprediksi arah pergerakan pemain ofensif.
  6. Setelah screen selesai, pemain layar harus menyegel pemain bertahan dan mengikuti gerakan roll di ke arah ring basket.

Demikian informasi mengenai cara melakukan screen dalam permainan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1733 seconds [13]