logo
Ragam Lainnya | Detail

Cara Melakukan Pukulan Lob Pada Permainan Tenis Meja

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 18:15 WIB
Cara Melakukan Pukulan Lob Pada Permainan Tenis Meja
Cara melakukan pukulan lob pada permainan tenis meja dikuasai Seo Hyo-Won (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Cara melakukan pukulan lob pada permainan tenis meja, tentunya ada berbagai cara. Lob merupakan serangan pukulan bola tinggi atau rendah, biasanya dilakukan pada pertandingan jarak menengah dan jauh.  Tenis meja salah satu permainan bola kecil yang membutuhkan alat yaitu bet/raket.

Bet berfungsi sebagai alat pemukul bola, tentunya saat memegang bet diperlukan teknik memegang yang benar. Memegang bet akan mempengaruhi hasil pukulan bola. Teknik dasar yang harus dikuasai salah satunya adalah eknik pukulan lob.  Mari simak penjelasan di bawah ini pukulan lob tenis meja.

Tenis meja merupakan salah satu olahraga populer di dunia. Sekilas permainan ini mirip seperti bulu tangkis.  Olahraga satu ini menggunakan bola pingpong, lapangan tenis meja, bet atau pemukul, dan jaring net.  

Para pemain diharuskan memukul bola pingpong tersebut, melewati net dan sampai mendapatkan poin. Menurut sejarah, tenis meja pertama kali dimainkan oleh Bangsa Inggris pada abad ke-19 Masehi. Dulunya olahraga ini bernama whiff whaff.

Berikut Cara Melakukan Pukulan Lob Pada Permainan Tenis Meja:

Saat melakukan pukulan lob pada permainan tenis meja perlunya konsentrasi membaca peluang bola agar tepat memenangkan poin. Ada dua cara melakukan pukulan lob pada permainan tenis meja, diantaranya: 

Teknik Memegang Bet dalam Permainan Tenis Meja (Foto: Reuters)

  1. Lob Tinggi

Pukulan lob dimulai dengan pukulan bet setinggi lutut hingga kepala. Lob tinggi dilakukan pada saat, penyerangan bola dari lawan dengan pantulan yang cukup tinggi. Anda bisa melakukan smash dari arah samping dengan pukulan backhand. Dibantunya dengan pukulan backhand,membuat laju bola tidak terlalu tinggi. Saat melakukan lob tinggi membutuhkan tenaga yang ekstra pada kaki dan tangan.

  1. Lob Rendah

Pukulan dengan jarak yang lebih rendah yaitu bisa dibawah lutut. Dalam teknik lob rendah membuat bola memantulkan lebih dalam ke arah meja. Tujuannya agar lawan sulit menjangkau jatuhnya bola, karena bola bisa jatuh melebihi meja atau mudah terkena net. Caranya Anda bisa mengontrol kecepatan smash agar bola jatuh lebih dalam pada meja tenis, serta mengarahkan pukulan diagonal.

 Demikian informasi cara melakukan pukulan lob pada permainan tenis meja yang telah Sportstar rangkum, semoga bermanfaat bagi pembaca. (Adi Sekararum Destiani)


 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1813 seconds [12]