logo
Ragam Lainnya | Detail

4 Cara Melakukan Lompat Jongkok dan Teknik Dasar Lengkap

Johana Joy Artamira
Rabu, 09 Maret 2022, 21:06 WIB
4 Cara Melakukan Lompat Jongkok dan Teknik Dasar Lengkap
Cara Melakukan Lompat Jongkok dan Teknik Dasar Lengkap (Foto: Istimewa)

CARA melakukan lompat jongkok perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya cedera. Lompat jongkok atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Squat Vault merupakan salah satu bagian dari senam lantai dengan alat bantu.

Pendaratan ketika melompati peti lompat dilakukan dengan menggunakan ujung kaki sekaligus merentangkan kedua lengan ke atas. Adapun dalam proses pendaratan setelah melompati peti lompat dilakukan dengan menggunakan dua kaki secara bersamaan.

Dilansir dari berbagai sumber, lompat jongkok dilakukan dengan melompat melewati sebuah alat yang berfungsi sebagai hambatan dengan cara jongkok. Berikut ini adalah cara melakukan lompat jongkok:

Bagaimana Cara Melakukan Lompat Jongkok

1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan lompat jongkok adalah pemanasan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari cedera.

2. Kemudian, gerakan dalam lompat jongkok diawali dengan berdiri tegak menghadap peti lompat. Kemudian berlari dengan cepat ke arah peti dengan menggunakan kaki sebagai tolakan.

3. Lalu tekuk lutut dan posisikan ke arah dada. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki di atas box bersamaan kedua tangan lurus. Turun kembali di posisi awal melompat

4. Mendaratlah dengan ujung kaki dan diikuti dengan merentangkan kedua tangan ke atas. Dan lakukan secara berulang-ulang

Lompat jongkok memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan tubuh, mengencangkan otot, membakar kalori, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Demikian tadi mengenai cara melakukan lompat jongkok yang dilengkapi dengan berbagai manfaatnya. Semoga pembahasan ini memberi manfaat bagi para pembaca.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1615 seconds [12]