logo
Ragam Lainnya | Detail

Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Lambung dalam Softball

Intan Rachmasari
Sabtu, 20 Agustus 2022, 12:35 WIB
Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Lambung dalam Softball
Permainan Softball . (Foto: NCAA)

JAKARTA - Cara melakukan gerakan menangkap bola lambung dalam permainan softball merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pemainnya. Permainan softball merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu dengan masing masing sembilan orang pemain. 

Permainan softball mengharuskan pemainnya untuk menguasai teknik menangkap bola. Teknik menangkap bola dalam softball dibagi menjadi tiga, salah satunya adalah menangkap bola lambung.

Karena itu Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai cara melakukan gerakan menangkap bola lambung. Berikut informasinya;

JAYAPURA - M. Rizki dari DKI Jakarta sliding di home base pada pertandingan kedua babak penyisihan softball putra PON XX Papua antara DKI Jakarta vs Papua Barat di Lapangan Softball Uncen, Kota Jayapura, Rabu (22/09/2021). Sayang pada laga semifinal Tim S

Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Lambung dalam Softball

Dalam permainan softball terdapat pemain yang bertugas sebagai catcher atau disebut juga penangkap bola. Perlu keterampilan khusus untuk menjadi seorang catcher, sebab sebagai pemain di posisi ini harus memiliki ketangkasan dan respon yang cepat terhadap kedatangan bola. 

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara menangkap bola lambung dalam softball. Bola lambung sendiri atau yang biasa dikenal dengan Fly ball adalah bola yang datang dari ketinggian di arah atas kepala sang pemain dan melambung. 

Adapun cara untuk melakukan gerakan menangkap bola lambung adalah sebagai berikut :

  1. Pemain harus berdiri di daerah dimana bola akan mendarat.
  2. Harus fokus dengan posisi arah datangnya bola. 
  3. Ketika bola akan mendarat, angkat tangan kemudian tangkap bola menggunakan satu tangan ataupun dua tangan bersamaan. 
  4. Saat proses penangkapan bola, pemain harus memiliki konsentrasi tinggi terhadap bola.
  5. Pastikan bola diterima kedua tangan dengan baik.

Demikian informasi mengenai cara melakukan gerakan menangkap bola lambung dalam permainan softball. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1769 seconds [13]