logo
Hobi | Detail

Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan Dasar dan Olahraga Keseimbangan

Tim Sportstars
Kamis, 15 September 2022, 18:08 WIB
Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan Dasar dan Olahraga Keseimbangan
Somi saat melakukan pilates yang merupakan salah satu cara melakukan gerakan keseimbangan. (Foto: Instagram @/somsomi0309)

JAKARTA -  Cara melakukan gerakan keseimbangan akan bermanfaat bagi kesehatan tulang dan otot tubuh. Keseimbangan badan merupakan kemampuan seseorang untuk menjaga postur tubuh yang normal,setelah tubuh melakukan gerakan bebas.

Tubuh tetap seimbang saat posisi berdiri, duduk, dan jongkok.  Resiko bila tubuh tidak seimbang, seseorang akan mengalami cedera akibat terjatuh. Melatih gerakan keseimbangan berguna agar tubuh menjadi kuat, tidak mudah lelah, bahkan tidak mudah terjatuh. 

Saat Anda melakukan latihan gerakan keseimbangan, otot tubuh menjadi lebih kuat terutama di otot punggung, lengan, dan kaki.Perlunya latihan gerakan keseimbangan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Berikut Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan Dasar

Gerakan keseimbangan dasar sebagai pemanasan sebelum melakukan aktivitas yang berat, bisa Anda lakukan di tempat manapun.  Ada tiga cara dasar dan mudah Anda lakukan untuk melatih keseimbangan tubuh.

  • Latihan berdiri dengan satu kaki, yang berguna melatih kekuatan otot kaki.
  • Latihan gerakan jongkok dengan menyampingkan satu kaki membentuk tubuh 45 derajat, yang berguna untuk otot punggung serta kaki.
  • Dan yang terakhir, latihan berjalan dengan tangan direntangkan ke samping, berguna untuk memperkuat otot lengan serta kaki.

Olahraga yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan

Ada beberapa olahraga yang membutuhkan gerakan keseimbangan, untuk merelaksasikan otot tetap lentur serta bisa mengatur pernafasan dengan baik. Di bawah ini olahraga yang membutuhkan gerakan keseimbangan.

  1. Yoga

Olahraga yoga memerlukan latihan keseimbangan antara tubuh serta pikiran. Ada beberapa gerakan dasar yoga yang melatih gerakan keseimbangan. Seperti gerakan berdiri satu kaki, latihan berjongkok, sikap lilin, dan sebagainya. Gerakan yoga bisa meningkatkan kelenturan dan kelentukan tubuh, memperbaiki postur tubuh serta melatih pernafasan dengan baik.

Beberapa pose yoga bisa menurunkan kadar kecemasan. (Foto: Yogapedia)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1714 seconds [12]