Basket | Detail

Cara Melakukan Bounce Pass Pada Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Kamis, 30 September 2021, 08:48 WIB
Cara Melakukan Bounce Pass Pada Permainan Bola Basket
Pebasket Sierra Calrk memperlihatkan cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket. (Foto: cuieagles.com)

TIDAK banyak yang mengetahui  cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket dengan benar. Padahal ini adalah satu kemampuan passing yang sangat penting dari permainan olahraga yang pertama kali dimainkan pada 21 Desember 1891 atau sekitar 129 tahun lalu tersebut. 

Passing dalam bola basket bisa dilakukan lewat atas atau bawah pemain. Teknik passing yang penggunaannya melewati bawah pemain yakni operan memantul atau biasa dikenal dengan istilah bounce pass.

Operan jenis ini digunakan untuk memberi bola pada rekan setim dengan cara dipantulkan ke lantai lapangan. Teknik ini sangat berguna menghindari atau mengelabui lawan sehingga tidak mampu merebut bola.

Penggunaan teknik bounce pass dilakukan saat bola akan diberikan kepada kawan namun tak ada ruang maupun terdapat pemain lawan.Ketika melakukan umpan pantul, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemain.

Seperti arah bola harus tepat sasaran agar tidak direbut lawan, timing dan kekuatan umpan. Karena itu, agar teknik bounce pass bisa sempurna perlu dilakukan latihan teknik melakukannya dengan benar. Berikut cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket dengan baik . 

1. Pegang bola setinggi dada menggunakan dua tangan

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.7090 seconds [13]