logo
Hobi | Detail

Cara Melakukan Ayunan Lengan dalam Lari Jarak Pendek

Johana Joy Artamira
Sabtu, 23 Juli 2022, 04:58 WIB
Cara Melakukan Ayunan Lengan dalam Lari Jarak Pendek
Start adalah salah satu teknik yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek

JAKARTA-Lari jarak pendek atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sprint adalah suatu olahraga lari yang dilakukan dengan kecepatan yang maksimal dalam durasi waktu yang terbatas.

Dilansir dari berbagai sumber, lari jarak pendek terdiri dari lari 100 meter, 200 meter, 400 meter. Seseorang yang melakukan lari jarak pendek disebut sebagai Sprinter. 

Cara melakukan ayunan lengan dalam lari jarak pendek adalah dengan lengan diayunkan secara cepat serta kuat. Siku diposisikan dalam keadaan ditekuk membentuk sudut sekitar 90 derajat dan jari – jari kedua tangan dalam posisi lurus.

Pada saat kaki kanan dilangkahkan dengan kuat, maka tangan kiri akan mengayun dengan kuat juga membentuk sudut 90 derajat. Sebaiknya jangan kaku dalam menggerakkan lengan dan disesuaikan dengan langkah kaki supaya kecepatan dalam berlari bisa maksimal.

Lari Jarak Pendek: Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan. (Foto: PB PON XX PAPUA 2021)

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Terdapat tiga teknik dasar lari jarak pendek yakni teknik awalan, teknik berlari, dan memasuki garis finish. Berikut penjelasannya untuk anda:

1. Teknik Awalan (Start)

Perlu diingat bahwa sebelum melakukan lari jarak pendek, seseorang wajib untuk melakukan pemanasan. Teknik awalan dalam lari jarak pendek disebut juga sebagai teknik start.

Teknik start dibedakan menjadi tiga jenis yakni start berdiri, start jongkok, dan start melayang. Dalam start jongkok ada tiga jenis yaitu start panjang, start pendek, dan start menengah.

2. Teknik Berlari

Pada teknik ini, terdapat dua tahap yaitu fase topang dan fase melayang. Fase topang berguna untuk mengurangi hambatan pada saat menyentuh tanah dan dorongan ke depan dapat dimaksimalkan. 

Sementara, kegunaan fase melayang adalah memaksimalkan dorongan ke depan serta mempersiapkan penempatan kaki yang efektif saat menyentuh tanah.

3. Teknik Memasuki Garis Finish

Teknik ini dapat dilakukan dengan mencondongkan dada ke depan. Kemudian, salah satu bahu dijatuhkan ke depan. Lalu, berlarilah dengan cepat.

Demikian informasi mengenai cara melakukan ayunan lengan dalam lari jarak pendek beserta teknik dasarnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1468 seconds [12]