logo
Hobi | Detail

Keren, Ini Cara Live Streaming Game di Twitch

Wikku D. Nugroho
Rabu, 18 Januari 2023, 22:30 WIB
Keren, Ini Cara Live Streaming Game di Twitch
Tren terkini adalah melakukan live streaming saat bermain game via Twitch (Foto: Twitch).

JAKARTA - Cara live streaming game di twitch menjadi ulasan menarik kali ini. Di era digital ini, tentu menonton live streaming game khususnya Esports dapat dilakukan melalui media apapun. 

Buat yang suka menonton live streaming game tidak ada salahnya untuk mencoba menonton melalui twitch. Perlu diketahui, Twitch merupakan layanan streaming game secara online yang dimiliki perusahaan raksasa, Amazon. 

Namun, untuk menikmati layanan streaming secara penuh melalui Twitch harus didukung dengan berbagai perangkat lainnya. Seperti kecepatan internet yang memadai serta perangkat komputer tambahan. 

Selain dapat menonton streaming game, melalui Twitch juga bisa menonton beragam acara seperti melukis, memasak, dan lainnya. Dengan fasilitas seperti itu menjadikan layanan streaming online dari Amazon itu dapat bersaing dengan aplikasi Youtube. 

Bagi kalian yang ingin menonton live streaming game dengan kualitas yang baik, perlu adanya penambahan perangkat lain seperti komputer atau laptop khusus gaming. Bahkan Twitch dapat juga dipasang di perangkat telepon pintar.

M4 World Championship ajang tahunan Mobile Legends yang diikuti tim dari berbagai negara (Sumber: Instagram)

Cara Live Streaming Game di Twitch

Untuk menonton live streaming game di Twitch terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukannya seperti berikut; 

Pertama-tama kamu harus mengunduh OBS atau Open Broadcaster Software Studio. Diketahui jika OBS merupakan perangkat lunak atau software yang bersifat open source alias gratis. Dimana kegunaanya sebagai perekam video offline dan live streaming. 

OBS dapat dipasang di perangkat yang berbasis Windows, Linux hingga Mac. Dengan adanya OBS, membuat kualitas streaming menjadi lebih maksimal dan tentu saja asyik untuk ditonton. 

Untuk mengunduhnya, ketika OBS di kolom search engine Google. Lalu, unduhlah OBS sesuai dengan sistem operasi komputer yang kamu miliki. Seperti Windows, Mac ataupun Linux. 

Jika sudah selesai mengunduh OBS, maka langkah selanjutnya adalah mensetting atau mengatur pengaturan. Adapun cara melakukan pengaturannya, pilih menu Setting, kemudian pilih Output. 

Pilih ukuran video 2.500 - 4.000 kbps. Kemudian atur audio bitrate sebesar 64. Jika sudah sesuai, pilihlah Apply. 

Jika sudah selesai mengatur settingn streaming OBS, maka kini aturlah pengaturan audio dan video streaming. Dengan cara pilih audio, kemudian aturlah Desktop Audio dan Mic yang kini tengah digunakan. 

Lalu, pilih sample rate 48 kHz dengan pilihan Channels Stereo. Jika sudah, pilihlah Apply. Selanjutnya mengatur video output dapat juga dilakukan. Yakni dengan cara, pilih video, atur Base (Canvas) Resolution. Disarankan untuk memilih resolusi 1920 x 1080. 

Aturlah Output (Scaled) Resolution. Direkomendasikan untuk memilih ukuran 1280 x 720 untuk 720p dan 1920 x 1080 untuk 1080p. Pilihlah 30-6- FPD dalam pengaturan Common FPS Value. Pilihlah 60 FPS untuk kamu yang ingin menonton game tembak-tembakan. 

Pengaturan selanjutnya yakni Input stream key. Langkah-langkahnya yakni kembali ke situs Twitch. Pilih Creator Dashbord. Lanjut ke pilihan Setings >> Stream. Tampilan layar pengaturan akan muncul. 

Copy dan paste Primary Stream Key di OBS. Pilih setting >> Stream dalam situs OBS. Ubah Service menjadi Twitch. Lalu, paste Stream Key di kolom yang sudah tersedia. Terakhir klik OK. 

Jika pengaturan sudah selesai, maka kamu sudah bisa memulai menonton streaming game. Buka aplikasi OBS. Pilihlah Setting atau pengaturan. Klik Stream. Klik Connect Account setelah service ke Twitch. 

Jika sudah membuat akun, login ke Twitch menggunakan username dan password. Pada kotak Sources klik kanan. Pilih Add >> Game Capture. Pada Select Application, pilih menu yang diinginkan.

Lalu klik OK dan pilih Start Streaming pada dashboard menu. 

Demikian ulasan mengenai cara live streaming game di Twitch. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1901 seconds [12]