logo
Ragam Lainnya | Detail

Cara Latihan Loncat Indah Pada Olahraga Renang

Tim Sportstars
Jum'at, 28 Oktober 2022, 22:30 WIB
Cara Latihan Loncat Indah Pada Olahraga Renang
Teknik dasar loncat indah perlu dikuasai untuk bisa bersinar di olahraga ini. (Foto: Esportes)

JAKARTA - Cara latihan loncat indah pada olahraga renang memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum kita tahu cara latihan loncat indah pada olahraga renang, alangkah baiknya kita simak pengertian renang terlebih dulu. 

Renang adalah olahraga yang memadukan unsur-unsur renang, senam, dan tari. Olahraga ini dipertandingkan secara beregu, tunggal, duet, atau trio. Renang indah memadukan kekuatan dan ketahanan fisik dengan keluwesan, keanggunan, nilai artistik, dan kemampuan menahan napas sewaktu berada di dalam air. Berkembang awal tahun 1900-an di Kanada, renang indah adalah olahraga yang didominasi wanita.

Dalam olahraga renang, dikenal pula jenis olahraga lainnya, yakni loncat indah. Jenis olahraga yang kerap disebut diving ini mengombinasikan gerakan loncatan dan akrobatik indah di udara. Loncat indah diawali dengan gerakan memantulkan badan ke papan loncat yang selanjutnya atlet akan masuk ke dalam air. Ketika tubuh berada di udara, tubuh harus membuat gerakan akrobatik indah sebelum masuk ke air.

Cara latihan loncat indah dalam olahraga renang dapat dibagi menjadi tujuh, yakni:

1. Terjun (Berjongkok) 

Latihan terjun dilakukan dari tepi kolam tempat yang dangkal, kira-kira 1 ½ meter (m). Kedua telapak kaki agak direnggangkan sedikit. Badan ditundukkan, kedua lengan diluruskan ke muka bawah mengarah menuju jarak dua meter dari tepi kolam. 

Selanjutnya, kepala tunduk di antara kedua lengan dan melihat ke bagian perut. Keseimbangan harus tetap dijaga sehingga titik berat badan sudah di muka.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1916 seconds [12]