Tim Nasional | Detail

Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023: Yang Minat Banyak, Yang Serius Sedikit

Basudiwa Supraja
Jum'at, 24 Juni 2022, 15:00 WIB
Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023: Yang Minat Banyak, Yang Serius Sedikit
AFC belum putuskan Tuan Rumah Piala Asia 2023 (Foto: Istimewa)

CALON tuan Rumah Piala Asia 2023 masih belum bisa dipastikan. Meski banyak negara yang berminat namun sampai saat ini hanya sedikit negara yang benar-benar serius.

Seperti yang diketahui, China telah mundur sebagai tuan rumah karena alasan Covid-19. Pihak AFC pun menawarkan secara terbuka kepada seluruh kontestan Piala Asia 2023 untuk menjadi calon tuan rumah selanjutnya hingga akhir bulan ini.

Namun setelah berjalan kurang lebih hampir satu bulan, hanya sedikit negara yang mengajukan diri ke AFC. Menurut laporan Sohu, Jepang telah berkomunikasi dengan pihak AFC dan disusul oleh Korea Selatan beberapa hari kemudian.

Tapi nyatanya hingga saat ini belum ada komunikasi lanjutan dari Jepang dan Korea Selatan. Begitupun dengan negara Asia lainnya seperti Vietnam, India, hingga Qatar.

Trofi pemenang Piala Asia (Foto: AFC)
Trofi pemenang Piala Asia (Foto: AFC)

"Kita semua tahu bahwa Asosiasi Sepak Bola Jepang telah berkomunikasi dengan AFC sebelumnya, tetapi pada akhirnya tidak ada langkah selanjutnya, termasuk Korea Selatan, Vietnam, India, Qatar dan negara-negara lain semuanya ingin mengajukan tawaran untuk Piala Asia," tulis laporan Sohu, Jumat (24/6/2022).

Masih melansir dari sumber yang sama, belakangan Australia diklaim juga sedang mempertimbangkan penawaran tersebut. Mereka diketahui sedang mengadakan diskusi dengan pihak AFC.

Sekadar informasi, Australia sejatinya telah menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2015 lalu. Mereka pun berhasil memetik juara perdana di kompetisi level Asia itu.

Kini masih belum dapat dipastikan siapa kandidat kuat calon Tuan Rumah Piala Asia 2023. Jika sampai akhir bulan ini belum ada kepastian, besar kemungkinan turnamen tersebut akan ditunda oleh AFC.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1350 seconds [13]