logo
Ragam Lainnya | Detail

Cabor SEA Games 2023 Dinilai Terlalu Banyak, Kamboja Diminta Kurangi Olahraga Tradisional

Basudiwa Supraja
Kamis, 25 Agustus 2022, 19:20 WIB
Cabor SEA Games 2023 Dinilai Terlalu Banyak, Kamboja Diminta Kurangi Olahraga Tradisional
Logo SEA Games 2023 (Istimewa)

PNOM PENH - Cabang olahraga (cabor) SEA Games 2023 dinilai terlalu banyak. Kamboja selaku tuan rumah pun diminta untuk mengurangi sejumlah olahraga tradisional mereka yang diikutsertakan dalam multi ajang tersebut.

Salah satunya adalah seni bela diri khas Kamboja, Bokator. Presiden Komite Olimpiade Filipina, Abraham Tolentino, menilai cabor itu tidak didukung oleh asosiasi lain.

“Kami menghormati tuan rumah yang akan memasukkan Bokator sebagai olahraga bela diri tradisional, tetapi ada beberapa olahraga yang memang harus dihilangkan. Selain Taekwondo, tidak ada asosiasi lain yang mendukung bela diri lainnya,” ujar Tolentino, dikutip dari Matichon, Kamis (25/8/2022).

Diketahui sejauh ini tercatat ada 49 cabor yang akan dipertandingkan pada SEA Games 2023 menurut laporan Matichon. Jumlah tersebut dikabarkan telah dikeluhkan oleh banyak negara di ASEAN selaku kontestan SEA Games 2023.

Selain itu, banyak juga olahraga yang tidak familiar di banyak negara ASEAN dipertandingkan di SEA Games 2023. Oleh karena itu Kamboja diminta untuk merombak lagi daftar cabor di multi ajang tersebut.

Adapun cabor futsal yang cukup diminati banyak tim di Asia Tenggara justru tidak dipentaskan di edisi tersebut. Hal itu seiringan dengan minimnya pengalaman Kamboja di olahraga futsal.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1611 seconds [12]