Ragam Lainnya | Detail

Cabor Angkat Besi Absen di Olimpiade 2028, Ini Tanggapan Menpora

Ilham Sigit Pratama
Senin, 13 Desember 2021, 16:24 WIB
Cabor Angkat Besi Absen di Olimpiade 2028, Ini Tanggapan Menpora
Menpora Zainudin Amali saat mengikuti virtual meeting dengan President of the World Anti-Doping Agency (WADA) Witold Banka (Foto: Kemenpora.go.id)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali angkat bicara terkait dengan kabar tidak masuknya cabang olahraga angkat besi pada Olimpiade, Los Angeles 2028 mendatang. Amali ingin semuanya tidak perlu khawatir terkait dengan hal tersebut.

Pria asal Gorontalo ini mengatakan pemerintah akan melakukan segala upaya diplomasi internasional lantaran cabor angkat besi masuk ke dalam Desain Olahraga Nasional yang tercantum dalam Perpres.

Sebagaimana diketahui, Presiden Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengisyaratkan bahwa akan terdapat tiga cabor yang diganti dengan cabor lain pada Olimpiade 2028. Cabor tinju, angkat beban dan modern pentathlon akan diganti dengan selancar, skateboard dan panjat tebing.

IOC menilai bahwa ketiga olahraga tersebut rawan dengan penggunaan doping. Meski belum resmi, IOC akan mengetuk palu untuk menentukan keputusan sah pada Februari 2022 mendatang.

“Pemerintah punya kepentingan akan hal ini, karena angkat besi masuk cabang olahraga dalam Desain Olahraga Nasional dan jadi cabang unggulan, kita harap ini (keikutsertaan angkat besi di Olimpiade) tidak ada perubahan,” kata Zainudin pada jumpa pers yang berlangsung, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut, Amali juga mengatakan bahwa pihaknya akan membantu Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) untuk mengadvokasikan hal tersebut ke pihak internasional.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1105 seconds [13]