logo
Liga Spanyol | Detail

Butuh Uang, 3 Stadion Klub Liga Spanyol Ganti Nama Termasuk Barcelona

Rifqi Herjoko
Kamis, 01 September 2022, 19:00 WIB
Butuh Uang, 3 Stadion Klub Liga Spanyol Ganti Nama Termasuk Barcelona
Estadio Camp Nou

MADRID – Sejumlah stadion klub Liga Spanyol melakukan pergantian nama, termasuk Barcelona. Hal itu membuat klub mendapatkan dana tambahan dari kontrak penamaan stadion tersebut.

Stadion merupakan salah satu aset terpenting bagi klub sepak bola. Banyak klub menjaring investasi melalui stadion mereka untuk meraup pendapatan. Perjanjian hak penamaan stadion dapat menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar bagi sebuah klub.

Lantas, klub mana saja dari Liga Spanyol yang mengganti nama stadion mereka demi mendapat tambahan pemasukan? Simak ulasan Sportstars.id berikut ini.

1. Atletico Madrid (Civitas Metropolitano)

Wanda Metropolitano

Dilansir dari laman resmi La Liga, Kamis (1/9/2022), Atletico Madrid resmi mengganti nama stadion mereka mulai Juli lalu. Awalnya, stadion mereka bernama Wanda Metropolitano. Kini, stadion kandang Atletico Madrid tersebut bernama Civitas Metropolitano.

Nama tersebut berubah menyusul kesepakatan klub dengan perusahaan pengembang properti bernama Civitas Pacensis. Kerja sama antara klub dan perusahaan tersebut terjalin hingga 10 tahun ke depan. Nama Civitas pun bakal terus terpampang di stadion klub tersebut.

2. UD Almeria (Power Horse Stadium)

Power Horse Stadium

Klub Liga Spanyol lainnya, UD Almeria, juga mengalami perubahan nama stadion menjadi Power Horse Stadium pada Juli lalu. Hal itu disebabkan klub telah menandatangani perjanjian dengan sebuah merek minuman energi terkenal bernama Power Horse.

Adapun perjanjian itu diteken dengan tujuan untuk menyehatkan keuangan klub melalui pendapatan yang besar. Perubahan nama stadion itu pun mendapatkan persetujuan dari pemilik klub.

3. Barcelona (Spotify Camp Nou)

Camp Nou menjadi salah satu stadion berkapasitas terbesar di dunia (Sumber: ceetiz)

Barcelona secara mengejutkan menandatangani perjanjian kerja sama dengan layanan streaming musik ternama, Spotify. Perjanjian tersebut diteken pada Maret lalu. Menariknya, hal itu membuat nama Stadion kandang Barcelona berubah menjadi Spotify Camp Nou.

Perusahaan asal Swedia itu menjadi sponsor utama klub selama 12 musim ke depan. Kesepakatan klub dengan perusahaan ternama itu membuat Barcelona mendapatkan suntikan dana sebesar 280 juta euro (Rp4,1 triliun).

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1628 seconds [13]