Liga Inggris | Detail

Buntut Akuisisi Newcastle United, Gary Hoffman Mundur dari Ketua Liga Inggris

Rifqi Herjoko
Kamis, 18 November 2021, 06:34 WIB
Buntut Akuisisi Newcastle United, Gary Hoffman Mundur dari Ketua Liga Inggris
Newcastle United larang suporter kenakan pakaian Arab Saudi di stadion (FOTO: Reuters/Lee Smith).

LONDON – Liga Inggris telah mengkonfirmasi ketua mereka Gary Hoffman telah mundur dari jabatannya. Keputusan yang dilakukan oleh Hoffman ini merupakan buntut dari pembelian Newcastle United oleh grup Arab Saudi.

Bisa dibilang, Hoffman merupakan korban dari adu kuasa yang masih berlangsung atas keputusan Liga untuk menyetujui pengambilalihan Newcastle United oleh grup Arab Saudi. Adapun biaya akuisisi klub tersebut senilai 300 juta poundsterling (Rp5,7 triliun).

Hoffman merupakan seorang bankir, pria berusia 61 tahun itu mengambil jabatan ketua dalam peran non-eksekutif pada Juni 2020. Dia melakukan pertemuan dengan klub yang cukup kontroversial pada bulan lalu.

Pada saat itu, sejumlah klub marah atas keputusan Liga yang membiarkan Saudi membeli klub itu. Grup tersebut dianggap dapat merusak kompetisi karena mereka memiliki kekayaan melimpah.

Situasi tersebut mendorong Hoffman ke posisi sulit. Dia pun akhirnya memutuskan hengkang dari Liga Inggris awal tahun depan. Hal itu turut dikonfirmasi oleh Liga dalam sebuah pernyataan resmi.

“Gary Hoffman akan mengundurkan diri sebagai Ketua Liga Inggris pada akhir Januari 2022. Liga Inggris berterima kasih kepada Gary atas dedikasinya. Proses penunjukan Ketua baru akan segera dimulai,” bunyi pernyataan resmi klub dilansir dari The Sun Kamis (18/11/2021).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3100 seconds [13]