logo
Hobi | Detail

Bukti Pentingnya Tugas Catcher dalam Permainan Softball

Tim Sportstars
Jum'at, 07 Oktober 2022, 17:25 WIB
Bukti Pentingnya Tugas Catcher dalam Permainan Softball
Tugas catcher dalam permainan softball sangatlah penting. (Foto: @wbscsoftball)

JAKARTA - Tugas catcher dalam permainan softball sangatlah penting. Dalam softball, catcher adalah pemain yang berjongkok di belakang home plate dan menangkap lemparan yang tidak dipukul pemukul.

Unsur-unsur teknik pada permainan softball dibagi menjadi beberapa, seperti melempar dan menangkap bola, sliding, memukul, pitching, catcher, serta cara lari keliling lapangan menyentuh base. Mereka memiliki tugas dan fungsi masing masing dalam permainan.  

Nah, catcher memainkan peran penting dalam permainan bisbol. Dia menjadi orang yang menggunakan isyarat tangan untuk meminta lemparan tertentu dan memimpin pertahanan tim. Posisi ini bisa paling mudah dimainkan tapi tak menutup kemungkinan yang paling sulit dilaksanakan tergantung pada situasi permainan. 

Karena posisi penangkap (di belakang pemukul yang berayun, menghadap bola bisbol yang bergerak cepat), dia memakai alat pelindung, termasuk masker dan pelindung dada. Risiko besar seorang cathcer adalah rentan cedera dan karier lebih pendek daripada pemain lain - berjongkok cenderung sangat keras pada lutut mereka.

Ilustrasi baseball (FOTO: World Baseball Softball Confederation).

Pemain lain juga tidak sedikit yang pernah menangkap bola lemparan dari seorang pitcher dan banyak juga yang bermain di posisi catcher, tetapi tidak semua pemain mampu menjadi seorang catcher.

Peran seorang catcher tentu lebih dari seorang backstop yang memiliki lengan untuk menangkap bola, atau seorang pemain yang mampu memberi sasaran lempar kepada pitcher.

Tugas Catcher dalam Permainan Softball

  • Memberi arahan mengenai target sasaran lemparan.
  • Menangkap bola yang gagal dipukul oleh batter.
  • Menjaga home plate.
  • Melempar bola ke base 1, 2, dan 3 untuk mematikan lawan.

Di atas merupakan tugas catcher dalam permainan softball. Tugas tersebut hampir mirip dengan cabang olahraga lain yaitu baseball atau kasti. (Rizke Robiatul Alawiah)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1886 seconds [13]