logo
Tim Nasional | Detail

Bukan Timnas Indonesia, Malaysia Berencana Undang Thailand dan Vietnam di Piala Merdeka 2023

Basudiwa Supraja
Kamis, 19 Januari 2023, 14:15 WIB
Bukan Timnas Indonesia, Malaysia Berencana Undang Thailand dan Vietnam di Piala Merdeka 2023
Timnas Thailand vs Malaysia di Piala AFF 2022 (Foto: FAM)

KUALA LUMPUR - Malaysia dikabarkan berencana menggelar Piala Merdeka 2023 setelah mati suri selama 10 tahun. Turnamen yang digelar dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Malaysia itu rencana digelar pada September mendatang. 

Ada tiga negara yang bakal diundang dalam ajang tersebut. Dua tamu undangan diambil dari tim ASEAN sementara satu sisanya dari Asia Barat.  Namun tidak ada Timnas Indonesia dalam rencana daftar tim undangan tersebut. Malaysia justru berencana mengajak Thailand dan Vietnam untuk ikut serta.

Sementara calon lawan dari wakil Asia Barat ada Suriah atau Palestina menurut laporan The ASEAN Football. Salah satu dari dua tim tersebut akan ikut serta di Piala Merdeka 2023 nantinya.

Sekadar informasi, Piala Merdeka terakhir kali digelar Malaysia pada 2013 lalu. Ajang ini merupakan turnamen persahabatan yang umumnya digelar di kalender FIFA. Piala Merdeka mirip seperti Kings Cup Thailand atau Piala Kemerdekaan Indonesia. Piala Merdeka Malaysia ini telah digelar per tahun sejak 1957 silam.

Timnas Indonesia sejatinya merupakan salah satu kontestan yang cukup eksis di ajang tersebut. Skuad Garuda bahkan tiga kali menjadi juara dan empat kali finis sebagai runner up.

Tercatat total Timnas Indonesia ikut serta turnamen tersebut adalah tujuh kali. Diketahui Timnas Indonesia terakhir kali diundang Piala Merdeka pada edisi 2006 lalu. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1857 seconds [12]