logo
Liga Indonesia | Detail

Bukan Sepekan, PSSI Sebut Liga 1 Ditunda Hingga Waktu yang Tidak Ditentukan

Basudiwa Supraja
Senin, 03 Oktober 2022, 16:15 WIB
Bukan Sepekan, PSSI Sebut Liga 1 Ditunda Hingga Waktu yang Tidak Ditentukan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Stadion Kanjuruhan Malang (Istimewa)

JAKARTA- Kompetisi Liga 1 2022-2023 terpaksa ditunda seiring dengan tragedi di Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (1/10/2022). PSSI menyebut jangka waktu penundaan laga Liga 1 2022-2023 juga belum ditentukan.

Artinya ada potensi kompetisi paling bergengsi di Indonesia itu akan berhenti dalam waktu yang cukup lama. Sementara ini pemerintah telah membentuk tim khusus untuk menangani dan mengusut tuntas kejadian tersebut.

Seperti diketahui, peristiwa itu terjadi saat Arema FC menjamu sang rival, Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang. Pertandingan tersebut merupakan bagian dari laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Kekacauan mulai terjadi setelah laga usai. Hal itu disinyalir karena kekalahan yang ditelan oleh Singo Edan-julukan Arema dari Persebaya 2-3. 

Pihak aparat pun segera melakukan tindakan menggunakan gas air mata. Akibatnya banyak para penonton yang berdesakkan mencari jalan keluar dan menimbulkan korban yang berjatuhan.

Berdasarkan laporan resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), saat ini ada 448 korban dari tragedi tersebut. Sebanyak 21 di antaranya luka berat, 302 luka ringan, serta 125 meninggal dunia.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," kata Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi, Senin (3/10/2022).

Sementara itu, dalam rilis resminya, pihak operator kompetisi PT  Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan keterangan terkait penundaan kompetisi Liga 1 selama sepekan. Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyatakan keputusan tersebut berdasarkan arahan dari PSSI.

"Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” ujar Hadian, dalam keterangan LIB yang rilis pada Minggu (2/10/2022).

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1696 seconds [13]