Tim Nasional | Detail

Bukan Prestasi, Shin Tae-yong Ingin Ubah Sistem Sepak Bola Indonesia

Basudiwa Supraja
Senin, 10 Januari 2022, 10:26 WIB
Bukan Prestasi, Shin Tae-yong Ingin Ubah Sistem Sepak Bola Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: AFF)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan kedatangannya ke Indonesia bukanlah untuk memberikan prestasi yang instan untuk Timnas Indonesia. Tujuan utama dari pelatih asal Korea Selatan tersebut adalah mengubah sistem sepak bola di Indonesia.

Sejauh ini, Shin Tae-yong, memang telah membawa cukup banyak perubahan bagi sepak bola Indonesia. Perubahan yang paling terlihat adalah dari segi fisik dan mentalitas pemain ketika bermain di lapangan.

Menjelang Piala AFF U-23, nampaknya pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin hanya menitik beratkan dalam hal prestasi. Tak heran jika pada Piala AFF 2020 kemarin juga dia tidak memberikan janji juara kepada Indonesia.

Hal yang menjadi tujuan dasar mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu ke Indonesia adalah untuk merubah sistem sepak bola Tanah Air. Dia sadar bahwa kehadirannya di Indonesia bersifat sementara dan tidak bisa menjamin untuk menetap selamanya.

Oleh karena itu Shin Tae-yong mengatakan bahwa dia ingin meninggalkan sebuah pemikiran yang maju untuk Skuad Garuda. Dia tidak ingin terlalu fokus dalam hal prestasi semata, karena itu hanya bersifat sementara walau memang kenangannya akan abadi.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitik beratkan pada prestasi, saya berpikir bahwa akarnya harus kuat agar ke atasnya juga kuat,” ungkap Shin Tae-yong kepada Myeongjangdeul menjelang tahun baru 2022.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1146 seconds [13]