Bola Lainnya | Detail

Bukan Main, Ada 5 Aksi Pemain yang Mengubah Peraturan Sepak Bola

Johana Joy Artamira
Rabu, 25 Mei 2022, 22:00 WIB
 Bukan Main, Ada 5 Aksi Pemain yang Mengubah Peraturan Sepak Bola
Kiper Denmark Peter Schmeichel menjadi dasar aturan terkait operan untuk kiper oleh rekan satu tim. (Foto: Pinterest)

JAKARTA–Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang di dunia. Tidak sedikit para fans sepak bola yang akhirnya memilih berkarir sebagai pemain sepak bola.

Seperti olahraga lainnya, sepak bola sejak awal muncul hingga saat ini telah mengalami evolusi. Salah satunya dalam hal peraturan sepak bola

Terdapat sejumlah aksi pemain yang mengubah peraturan sepak bola dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa aksi pemain yang mengubah peraturan sepak bola;

1. Jimmy Hill

Pertama ada Jimmy Hill yang merupakan sosok yang melakukan perubahan dalam hal gaji dan bonus pemain sepak bola. Pada zaman ini, banyak pemain sepak bola yang bisa mendapatkan gaji dan bonus dalam jumlah yang fantastis.

Hal tersebut tidak bisa lepas dari peran Jimmy Hill. Sewaktu dia memimpin PFA, Jimmy Hill berupaya agar gaji pemain sepak bola tidak dibatasi hanya 20 poundsterling per pekan.

2. Jean – Marc Bosman

Jean – Marc Bosman diketahui pada tahun 1990, mengalami masalah dengan klub RFC Liege. Permasalahannya adalah Jean – Marc Bosman tidak diperbolehkan untuk meninggalkan klubnya.

Sementara kontraknya telah usai. Masalah ini dibawa ke Pengadilan Eropa dan dimenangkan oleh Jean – Marc Bosman. Lalu muncul peraturan Bosman Rule dimana pemain sepak bola berhak untuk memilih dan menentukan karirnya,

3. Peter Schmeichel

Berikutnya adalah Peter Schmeichel. Sosok ini berkaitan erat dengan peraturan back pass. Peraturan ini melarang seorang penjaga gawang atau kiper untuk menerima bola umpan dari teman satu timnya dengan tangan.

Peraturan tersebut bermula dari Peter Schmeichel yang merupakan kiper Denmark dalam ajang Euro 1992. Pada saat unggul, pemain Denmark kerap kali memberikan bola umpan ke Peter Schmeichel dan dia menangkap demi mengulur waktu.

4. Jimmy Thorpe

Pada bulan Februari 1936 dalam pertandingan Sunderland melawan Chelsea, kiper bernama Jimmy Thorpe meninggal dunia. Lantaran, dada dan kepalanya tertendang oleh pemain dari pihak lawan.

Pemain lawan berusaha untuk merebut bola di dalam dekapan Jimmy Thorpe. Setelah kejadian tersebut, terbitlah peraturan pemain dari pihak lawan dilarang untuk merebut bola yang dipeluk kiper.

5. Bill McCracken

Bill McCracken dan peraturan offside saling berkaitan. Bagaimana tidak, Bill McCracken merupakan sosok dibalik berubahnya peraturan offside dalam sepak bola.

Suatu waktu dia bersama dengan Frank Hudspeth berdiri terus – menerus di garis tengah lapangan. Aksinya tersebut lantas diikuti oleh tim lain. Sehingga gol hanya terjadi dalam jumlah yang terbatas.

Lalu muncul peraturan offside yang semula ditetapkan bahwa pemain yang menyerang posisinya berada di belakang tiga pemain terakhir lawan dan diubah menjadi dua pemain terakhir.

Demikian tadi adalah informasi seputar aksi pemain yang mengubah peraturan sepak bola. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1403 seconds [13]