Balap Lainnya | Detail

Bubba Wallace: Pembalap Kulit Hitam Pertama yang Menangi Seri Utama NASCAR sejak 1963

Basudiwa Supraja
Selasa, 05 Oktober 2021, 11:32 WIB
Bubba Wallace: Pembalap Kulit Hitam Pertama yang Menangi Seri Utama NASCAR sejak 1963
Bubba Wallace memenangi seri utama NASCAR (Instagram @bubbawallace)

ALABAMA - Bubba Wallace mencatatkan sejarah sebagai pembalap kulit hitam pertama yang berhasil memenangkan seri utama NASCAR sejak Wendell Scott pada 1963. Pria kelahiran Alabama, Amerika Serikat itu menggunakan mobil milik legenda basket, Michael Jordan, dan juara tiga kali Daytona 500, Denny Hamlin.

Kemenangan Wallace menjadi momen yang mengharukan. Ia tak kuasa menahan air mata setelah mengingat jalan panjang yang dilalui hingga membawanya ke kemenangan piala NASCAR pertamanya. Wallace memenangkan seri balapan yang berlangsung di Talladega Superspeedway, Senin (4/10/2021).

“Saya tidak pernah memikirkan hal-hal itu,” ungkap Wallace. Kejadian tahun lalu menjadi salah satu dasar emosi harunya dimana ia dianggap sebagai korban serangan rasial. Ketika sebuah jerat ditemukan di garasinya di Talladega Superspeedway. Jerat merupakan simbol yang terkait dengan hukuman mati tanpa pengadilan dan sejarah budak di Amerika.

Menurut NASCAR, sebenarnya jerat itu adalah tali penarik pintu garasi. Departemen Kehakiman AS menyatakan bahwa berdasarkan hasil penyelidikan FBI, Wallace bukanlah target kebencian. Presiden AS, Donald Trump sempat mengecam insiden tersebut. Namun khalayak dunia balap tetap mendukung Wallace.

Insiden tersebut menjadikan Wallace sebuah sorotan ketika seruannya kepada NASCAR untuk melarang bendera konfederasi yang dianggap oleh kebanyakan orang Amerika sebagai lambang penindasan.

"Ini untuk semua anak di luar sana yang ingin memiliki kesempatan dalam apa pun yang ingin mereka capai, dan menjadi yang terbaik dalam apa yang ingin mereka lakukan," kata Wallace.

"Tetap kuat. Tetap rendah hati. Tetap lapar. Ada banyak waktu ketika saya ingin menyerah. Dan Anda mengelilingi diri Anda dengan orang yang tepat, dan saat-saat seperti inilah yang Anda hargai,” lanjutnya.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1798 seconds [13]