logo
Ragam Lainnya | Detail

BRI, Sepak Bola dan Cerita Tentang Perjalanan Model Bisnis Baru dari Transformasi Digital

Maruf
Rabu, 18 Januari 2023, 20:28 WIB
BRI, Sepak Bola dan Cerita Tentang Perjalanan Model Bisnis Baru dari Transformasi Digital
Persib Bandung menjadi tim di BRI Liga 1 2022-2023 yang memakai banyak pemain naturalisasi. (Foto: Liga Indonesia Baru).

JAKARTA -  Tidak banyak perusahaan atau brand yang bisa bertahan hingga hitungan setengah abad (50 tahun) apalagi  1 abad (100 tahun). Dari sedikit brand tersebut ada nama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan klub sepak bola asal Bandung, Persib Bandung.

Tahun ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) akan memasuki usia 127 tahun sejak berdiri pada 16 Desember 1895. BRI menjadi perusahaan perbankan tertua di Indonesia ketika kali pertama didirakan Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau dalam Bahasa Indonesia Bank Bantuan dan Simpanan Milik Priyayi Purwokerto).

Seiring perjalanan waktu mulai dari peraturan Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 1946, yang mengubah statusnya menjadi bank pemerintah dengan nama "Bank Rakyat Indonesia", kemudian digabung ke dalam Bank Koperasi, Tani, dan Nelayan (BKTN) sebagai konsekuensi dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 42 tahun 1960. Sebelum akhirnya, Pada tahun 1968, melalui Undang-Undang nomor 21 tahun 1968, berdiri sendiri dengan nama "PT Bank Rakyat Indonesia".

“Kunci perusahaan atau merek (brand) yang bisa bertahan hingga 50 tahun (setengah abad) dan 100 tahun (centinneal) adalah kultur atau core values yang kuat. Bentuk kultur ini bermacam-macam, mulai inovatif, adaptif, punya operational excellence, dan kolaboratif,” kata Pengamat bisnis dari Inventure Yuswohady (29/7/2021).

Salah satu pakar manajemen asal Belanda Arie  de  Geus  (Meninggal 9 November 2019) dalam The  Living  Company  (1997) mengungkapkan hasil riset yang cukup mengejutkan. Dimana secara global didapati fakta bahwa rata-rata perusahaan multinasional hanya berusia sekitar 40 sampai 50 tahun. Angka itu Disebut lebih pendek dari hidup manusia modern sekitar 75 tahun. Bahkan lebih pendek dari umur harapan hidup masyarakat Indonesia yang mencapai 71,85 tahun pada 2022.

BRISPOT salah satu bentuk transformasi digital BRI. (Foto: Maruf/Sportstars)

Di Indonesia, jumlah perusahaan yang bisa bertahan ratusan tahun bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah BRI. Bahkan, BRI menjadi bank tertua di Indonesia. Kemampuan BRI dalam melalukan adaptasi, inovasi serta tranformasi membuat kinerja mereka justru moncer saat pandemi covid-19 melanda.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1841 seconds [12]