logo
MotoGP | Detail

Brad Binder Sebut MotoGP di Afrika Selatan Bakal Sulit Terwujud

Andhika Khoirul Huda
Jum'at, 13 Januari 2023, 13:01 WIB
Brad Binder Sebut MotoGP di Afrika Selatan Bakal Sulit Terwujud
Brad Binder finis kedua di MotoGP Qatar 2022 (Foto: REUTERS)

ANDORRA – Pembalap KTM Red Bull, Brad Binder mengtatakan jika MotoGP kembali digelar di negara asalnya, Afrika Selatan, akan sulit untuk diwujudkan. 

Hal ini karena biaya yang dibutuhkan untuk menggelar balapan Grand Prix di luar Eropa sangat mahal, terlebih negaranya juga masih belum bisa mencukupi kebutuhan rakyatnya sehingga investasi besar pada sebuah ajang balap akan sangat berat.

Dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP terus mengembangkan pasar dengan menggelar beberapa balapan di luar Benua Biru. Kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia itu sudah kembali ke Argentina, Thailand dan Indonesia. 

Bahkan, pada musim 2023, dua seri di luar Eropa bertambah dengan datangnya balapan di India dan Kazakhstan. Kemunculan Binder bersaudara, Brad dan Darryn di ajang Grand Prix jelas memunculkan harapan bahwa Dorna akan tertarik untuk membawa kembali balapan MotoGP ke Afrika Selatan. 

Apalagi mereka punya dua sirkuit, yakni Kyalami dan Welkom, yang sudah berpengalaman menggelar balapan Grand Prix selama beberapa musim.

Setelah direnovasi pada 2014 lalu, Brad yakin Kyalami punya infrastruktur yang lebiht baik dibanding sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP saat ini. Akan tetapi, dia sadar bahwa membawa MotoGP kembali ke negaranya sangat sulit diwujudkan karena biaya penyelenggaraannya yang sangat tinggi.

“Biaya penyelenggara di luar Eropa gila-gilaan. Tapi saya akan senang jika Grand Prix MotoGP Afrika Selatan kembali ke kalender di masa mendatang,” kata Brad dilansir dari Motosan, Jumat (13/1/2023).

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2007 seconds [12]