F1 | Detail

Bos Mercedes Benarkan Sirkuit Baku Tak Bersahabat untuk Mobil W13

Muammar Yahya Herdana
Minggu, 12 Juni 2022, 16:07 WIB
Bos Mercedes Benarkan Sirkuit Baku Tak Bersahabat untuk Mobil W13
Kepala tim Balap F1 Mercedes Toto Wolff (Foto: AFP)

BAKU – Mercedes AMG Petronas kembali kesulitan untuk menunjukan tajinya di babak kualifikasi GP Azerbaijan 2022. Kepala tim Mercedes, Toto Wolff, menyebut kondisi lintasan di Sirkuit Baku tidak bersahabat bagi mobil W13 mereka.

Pada babak kualifikasi, duo Mercedes, George Russell dan Lewis Hamilton sejatinya sukses mencapai babak ketiga (Q3). Namun mereka masih tidak mampu membendung kecepatan Ferrari dan Red Bull. Russell hanya mendapat posisi kelima dan Hamilton tercecer ke posisi tujuh.

Wolff beralasan bahwa Mercedes masih mengalami kelemahan yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Trek lurus yang cukup panjang di Sirkuit Baku membuat porpoising yang cukup keras sehingga Mercedes tak bisa berakselerasi dengan maksimal.

Mobil pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell di Sirkuit Baku (Foto: REUTERS)
Mobil pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell di Sirkuit Baku (Foto: REUTERS)

“Kami menghadapi masalah yang sama ketika mobil tidak cepat, dan itu adalah kami memiliki porpoising,” ungkap Toto Wolff dilansir dari Sport Network, Minggu (12/6/2022).

Wolff sebenarnya merasa permasalahan tersebut tidak hanya dialami oleh Mercedes saja. Namun Woff menyebut kontur yang ada di lintasan membuat aerodinamika Mercedes tidak maksimal sehingga kalah dari Red Bull dan Ferrari.

“Lain seperti Ferrari juga mengalaminya di sini, bahkan sedikit lebih buruk. Tapi di bagian trek yang berbeda, kami berada di posisi terbawah dengan buruk, yang mempengaruhi aerodinamis kami,” imbuhnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1403 seconds [13]