logo
Ragam Lainnya | Detail

Borobudur Marathon Sapa Empat Kota Besar Indonesia Lewat Friendship Run

Tim Sportstars
Minggu, 11 September 2022, 12:21 WIB
Borobudur Marathon Sapa Empat Kota Besar Indonesia Lewat Friendship Run
Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng (Foto: Borobudur Marathon)

JAKARTA Masih dalam rangkaian acara Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 12-13 November 2022 kini akan menyapa ke empat kota besar di Indonesia. Bertajuk ‘Stronger to Victory’, acara ini akan berlangsung di Semarang, Jakarta, Medan dan Makassar.

Jakarta menjadi tuan rumah kedua Bank Jateng Friendship Run pada Minggu (11/9/2022). Mengambil start dan finish di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah dengan rute sepanjang 5 kilometer, Bank Jateng Friendship Run di Jakarta ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta, melibatkan 15 komunitas, yang berasal dari lima kota.

Menurut Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, animo masyarakat terbilang cukup tinggi. Pihaknya juga menyebut bahwa acara ini dapat menjadi tes ombang untuk menyiapkan Borobudur Marathon lebih baik lagi.

“Kalau kita lihat pagi ini, hanya satu kata, luar biasa. Sebelum hari H nanti, kita mencoba bagaimana kegiatan ini bisa lebih merata karena memang slotnya terbatas. oleh karena itu, pagi ini meski dilakukan di Jakarta, teman-teman dari luar kota bahkan luar Jawa sudah tumplek di TMII.” kata Surpriyatno dalam keterangan pers.

Dia juga berharap dengan terlaksananya acara Friendship Run dapat menjadi indikator sadarnya gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Tak berbeda dengan penyelanggaraan sebelumnya, selain berlari, rangkaian Bank Jateng Friendship Run menampilkan budaya dan kuliner lokal untuk menghadirkan pengalaman berlari yang berbeda. Hal diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dilibatkan untuk menjual produk mereka dalam booth pawone.

Pada gelaran Bank Jateng Friendship Run di Jakarta terdapat 5 pawone yang terdiri atas 3 pawone kuliner dan 2 pawone kriya yang bergabung dalam “mini pasar harmoni”.

Mini pasar harmoni hadir pada setiap kota tuan rumah Bank Jateng Friendship Run dengan membawa keunikan kuliner, budaya dan masyarakat Magelang yang bertemu ciri khas setiap kota yang didatangi. Inilah keunikan Bank Jateng Friendship Run, dengan meleburnya budaya Magelang dengan keunikan budaya Semarang, Jakarta, Medan dan Makassar.

Budaya Jakarta yang dapat disimak antara lain dayakan topeng ireng yang menjadi tarian pembuka di titik start, palang pintu betawi yang membuka kegiatan di main stage, serta iringan musik tanjidor yang menggelorakan semangat para runners di sepanjang rute lari.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1621 seconds [12]