Bola Lainnya | Detail

Bolapedia: Teknik Menendang Bola dengan Punggung Kaki

Tim Sportstars
Rabu, 13 Oktober 2021, 02:02 WIB
Bolapedia: Teknik Menendang Bola dengan Punggung Kaki
Kevin de Bruyne melakukan salah satu teknik menendang bola dengan punggung kaki. (Foto: Reuters)

Teknik menendang bola dengan punggung kaki perlu diasah karena menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola. Teknik menendang bola tak semudah seperti yang terlihat, dibutuhkan latihan berulang untuk mendapatkan kemampuan terbaik.

Karena itu, berbagai macam teknik, baik teknik dasar maupun tingkat lanjut menggunakan kaki sebagai aktor utama, contohnya mengontrol bola, mengoper, menahan bola, menggiring bola, menghalau bola, dan menendang bola perlu dikuasai.

Dalam prakteknya, teknik ini terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya menendang bola dengan punggung kaki. Punggung kaki digunakan para pemain untuk menendang jarak jauh.

Selain itu dapat digunakan pula guna menendang langsung ke gawang atau saat tim memperoleh free kick (tendangan bebas langsung). Teknik ini sangat penting untuk dilatih agar lebih akurat dan tepat sasaran. 

Pasalnya, teknik ini terkesan lebih sulit dibanding teknik menendang lainnya. Adapun teknik menendang bola dengan punggung kaki bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

1)    Ambil posisi awal berdiri dan pastikan tubuh menghadap bola
2)    Letakkan kaki tumpuan disamping bola
3)    Pandangan mata fokus ke bola
4)    Ayunkan kaki dari arah belakang menuju bola dengan sekuat tenaga
5)    Setelah menendang, tumpukan berat badan ke depan

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1339 seconds [13]