Hobi | Detail

Bolapedia: Lama Waktu Permainan Futsal

Tim Sportstars
Rabu, 20 Oktober 2021, 21:50 WIB
Bolapedia: Lama Waktu Permainan Futsal
Lama waktu permainan futsal seperti di Liga Futsal Profesional menggunakan ketentuan FIFA. (Foto: MNC Media)

MIRIP sepak bola, lama waktu permainan futsal dan peraturan lainnya diatur dalam manual yang disebut Futsal Law of the Game yang dibuat FIFA. Peraturan ini biasanya mengalami perubahan dalam beberapa waktu tertentu. 

Pada pertandingan futsal terdapat aturan penting yang perlu diperhatikan. Sesuai situs resmi FIFA.com waktu permainan futal adalah 40 menit pada 1 pertandingan. Dalam 1 pertandingan dibagi menjadi 2 babak dimana masing-masing babak 20 menit dengan waktu istirahat tidak boleh lebih dari 15 menit.  

Waktu Time Out

Dalam pertandingan setiap tim memiliki hak meminta time out dengan waktu selama 1 menit. Setiap tim diperbolehkan meminta time out atau waktu sela kapanpun. Dengan catatan,  jika tim yang meminta time out tersebut sedang memegang bola (menguasai bola). 

Cara meminta time out kepada pencatat waktu, kemudian pencatat waktu akan mengkonfirmasi dengan membunyikan peluit yang memiliki perbedaan bunyi dari tiupan peluit yang biasa digunakan wasit. Hal yang perlu diperhatikan selama time out adalah pemain harus tetap berada di lapangan dan pemain cadangan tetap berada pada tempatnya. 

Pergantian Pemain

Pada awal pertandingan setiap tim dimulai dengan 1 penjaga gawang dan 4 pemain lapangan. Selama 40 menit dalam pertandingan, para pemain dapat digantikan. Pergantian dapat dilakukan di tengah pertandingan tanpa harus memberhentikan permainan. Terdapat ketentuan saat melakukan pergantian adalah harus dilakukan dalam zona subtitusi yang sudah ditentukan.

Mengakhiri Permainan Futsal

Untuk mengakhiri pertandingan futsal dalam satu babak, pencatat waktu akan memberikan tanda, pertandingan berakhir dengan meniupkan peluit dengan begitu pertandingan berakhir.  (haya aulia)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.7944 seconds [12]