Bola Lainnya | Detail

Bolapedia: 7 Stadion Terbesar Liga Inggris dan Terbaik Eropa

Tim Sportstars
Jum'at, 24 Desember 2021, 11:51 WIB
Bolapedia: 7 Stadion Terbesar Liga Inggris dan Terbaik Eropa
St. James Park masuk dalam daftar stadion terbesar Liga Inggris.

STADION terbesar Liga Inggris selalu menyajikan pengalaman yang unik bagi para penontonnya. Stadion sejatinya merupakan tempat diberlangsungkannya suatu pertandingan sepak bola, salah satunya Liga Inggris. Tiap klub yang tergabung dalam kompetisi resmi tersebut hampir sebagian besar memiliki stadionnya sendiri. 

Fungsi stadion tak semata-mata menggelar pertandingan saja, lebih dari itu, kandang suatu tim kesebelasan sudah menjadi destinasi wisata. Kerap kali para penggemar berkunjung ke stadion untuk sekedar berfoto. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari keindahan dan keunikan yang ada pada masing-masing stadion di Inggris.Berikut Sportstars.id telah merangkum 7 Stadion terbesar di Liga Inggris dan salah satu yang terbaik di Eropa:
 
7) St. James Park

Stadion terbesar Liga Inggris pertama adalah St. James Park, milik klub Newcastle United. Stadion ini digunakan untuk sepak bola sejak tahun 1880. Dalam beberapa kesempatan, The Magpies ingin meninggalkan stadion karena keinginan klub untuk memperluas ukuran lapangan. Namun keinginan tersebut tak kunjung terealisasi, malah sebaliknya, stadion tersebut telah mengalami perkembangan berulang kali selama periode 1990-an, terutama pada tahun 1993 dan 1998.

Klub: Newcastle United

Lokasi: Newcastle

Tahun dibuka: 1892

Kapasitas: 52.000

6) Anfield

Anfield adalah salah satu stadion paling ikonik di dunia yang dimiliki Liverpool. Awalnya, Anfield adalah stadion dari rival sekota, Everton. Karena satu dan lain hal, The Toffees pun pindah ke tanah sendiri. Perubahan terbesar pada stadion terjadi setelah tragedi Hillsborough, ketika 96 pendukung sepak bola kehilangan nyawa karena ketidak mampuan polisi dan lapangan yang tidak aman. Selain diadakannya pertandingan sepak bola, Anfield juga sempat jadi tempat tinju, tenis dan liga rugby.

Anfield stadion kandang Liverpool.

Klub: Liverpool

Lokasi: Liverpool

Tahun dibuka: 1884

Kapasitas: 54.000

5) Etihad Stadium

Mulanya stadion ini dibangun untuk Commonwealth Games setelah awalnya dirancang untuk Olimpiade tahun 2000 yang gagal di Manchester. Seiring berjalannya waktu, tempat tersebut diubah menjadi stadion sepak bola dan ditempati oleh Manchester City, yang pindah dari Maine Road.

Alasan dibalik penggunaan nama Etihad pada stadionnya karena sponsorship yang terikat kontrak dengan Manchester City. Selain pertandingan sepak bola, stadion tersebut juga digunakan untuk pertandingan rugby, tinju dan sejumlah konser musik.

Emirates Stadium kandang Manchester City.

Klub: Manchester City

Lokasi: Manchester

Tahun dibuka: 2002

Kapasitas: 55.000

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1182 seconds [13]