Bola Lainnya | Detail

Bolapedia: 5 Gerak Tipu dalam Sepak Bola, Nomor 1 Dibenci Penjaga Gawang

Tim Sportstars
Jum'at, 26 November 2021, 17:10 WIB
Bolapedia: 5 Gerak Tipu dalam Sepak Bola, Nomor 1 Dibenci Penjaga Gawang
Legenda Real Madrid Zinedine Zidane menjadi salah satu pemain yang memiliki gerak tipu dalam sepak bola disebut Zidane Roulette. (Foto: thesun)

Pada era modern, gerak tipu dalam sepak bola merupakan bagian dari rangkaian teknik mendribble dan cukup penting untuk digunakan dalam pertandingan. Gerak ini dinilai mempermudah seorang pemain melewati pemain bertahan lawan dengan cara mengelabuinya. Gerak tipu dianggap sebagai teknik cerdas karena dapat membingungkan dengan membuat lawan berpikir tentang langkah selanjutnya yang mungkin terjadi. 

Seluruh pemain bola, umumnya yang berposisi sebagai penyerang agaknya harus menguasai teknik ini untuk mencetak gol sebanyak mungkin. Mengingat, rintangan terbesar penyerang adalah pertahanan atau bek lawan. Jika seorang penyerang dapat mengelabui bek lawan, maka peluang untuk mencetak gol pun besar. 

Meskipun begitu, gerak tipu ini tidak hanya digunakan secara para pennyerang. Pemain gelandang juga bisa menggunakannya. Mengingat posisi tersebut memiliki tugas penting mengalirkan bola ke rekan setim. Tentunya gerak tipu yang dikuasai dapat memudahkan gelandang untuk melewati pertahanan lawan dan kemudian menemukan celah yang cukup untuk mengumpan bola langsung ke penyerang.        

Pada dasarnya, gerak tipu dalam sepak bola mengandalkan kaki sebagai aktor utama. Namun, kerap kali seorang pemain melakukannya dengan menambahkan gerakan badan sebagai pengecoh. Mungkin terkesan mudah, namun untuk mempraktekkan gerakan ini akan terbilang sulit, karena seorang pemain harus memperhatikan timing dan momen yang pas dengan melihat aksi dan reaksi dari bek lawan. 

Adapun gerak tipu dalam sepak bola yang paling sering dijumpai oleh sebagian besar para pemain adalah tendangan gerak tipu. Teknik ini seolah-olah membuat pemain ingin menendang bola, namun nyatanya hal tersebut hanya tipuan agar pemain dapat melewati pertahanan lawan. Selain gerak tipu berupa tendangan, masih ada beberapa teknik yang dikenal luas oleh seluruh penggemar sepak bola. Teknik ini merupakan tingkat lanjut dari gerak tipu. Berikut beberapa teknik gerak tipu tingkat lanjut yang paling sering dijumpai.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3654 seconds [12]