logo
Tim Nasional | Detail

Bocor, Calon Pemain Naturalisasi Malaysia Disebut Palsukan Identitas

Rifqi Herjoko
Selasa, 08 Februari 2022, 13:14 WIB
Bocor, Calon Pemain Naturalisasi Malaysia Disebut Palsukan Identitas
Curran Ferns mantan pemain Melaka United ungkap kecurangan calon naturalisasi Malaysia (Foto: Hmetro.com)

KUALA LUMPUR – Isu terkait naturalisasi pesepak bola Malaysia mendadak kembali panas. Pasalnya, salah satu calon pemain yang akan dinaturalisasi Negeri Jiran itu disebut memalsukan identitasnya.

Tuduhan itu dilontarkan oleh pemain keturunan Malaysia yang belum lama pensiun dari karier profesionalnya, yakni Curran Ferns. Dia mengungkapkan bahwa ada calon pemain naturalisasi Malaysia yang berbuat curang.

Adapun kecurangan itu dilakukan dengan memalsukan identitas. Hal itu dilakukan demi mendapatkan KTP atau paspor Malaysia agar bisa bermain sebagai pemain lokal di Liga Super Malaysia.

Identitas yang dimaksud adalah terkait garis keturunan. Seorang calon pemain yang akan dinaturalisasi mengaku bahwa neneknya berasal dari Malaysia. Namun, tidak bisa membuktikan hal tersebut sejauh ini.

Kritik itu disampaikan Ferns di media sosial pribadinya. Dia mempertanyakan bagaimana bisa FAM akan memberikan status naturalisasi kepada pemain luar yang hanya memanfaatkan wajah serta nama yang mirip dengan masyarakat lokal Malaysia.

“Sangat tidak biasa @famalaysia ingin memberikan status naturalisasi kepada mereka yang berbohong bahwa mereka adalah orang Malaysia untuk mendapatkan paspor untuk keuntungan pribadi,” kritik mantan pemain Melaka United itu dilansir dari Harian Metro Selasa (8/2/2022).

"Mewakili Malaysia dan menjadi warga negara itu harus lebih dari sepak bola. Bagaimana bisa kita membiarkan seseorang mencoba memanipulasi banyak orang dan menipu semua pihak hanya karena namanya memiliki nama Asia dan hanya untuk mengisi kantongnya sendiri," sambungnya kemudian.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1853 seconds [12]