Liga Indonesia | Detail

Bobotoh Meninggal di GBLA, PSSI Diminta Objektif dalam Investigasi Pengelolaan Stadion

Agung Bakti Sarasa
Senin, 20 Juni 2022, 09:45 WIB
Bobotoh Meninggal di GBLA, PSSI Diminta Objektif dalam Investigasi Pengelolaan Stadion
Suporter Berdesakan Memasuki Stadion untuk Menyaksikan Laga Persib vs Persebaya

BANDUNG - Sebanyak dua orang Bobotoh meninggal dunia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat hendak menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Jumat (17/6/2022) dalam lanjutan Piala Presiden 2022. Kini PSSI pun melakukan investigasi pengelolaan Stadion GBLA.

Kedua Bobotoh yang meninggal tersebut bernama Asep Ahmad Solihin asal Cibaduyut dan Sopiana Yusuf dari Bogor. Mereka diduga meninggal akibat terinjak-injak saat ribuan suporter berdesak-desakan di depan pintu stadion dan juga kehabisan oksigen. 

Insiden tersebut dinilai harus menjadi bahan introspeksi semua pihak. Bahkan, jika diposisikan pada keluarga korban, hal wajar jika ingin menyalahkan berbagai pihak atas insiden ini.

Suporter Memadati Stadion GBLA untuk menyaksikan laga Persebaya vs Persib
Suporter Memadati Stadion GBLA untuk menyaksikan laga Persebaya vs Persib

"Duka mendalam, dirasakan Bobotoh seluruh Negeri. Dalam duka yang mendalam rasanya ingin menyalahkan semua orang yang kita anggap bertanggung jawab, tetapi sebagai sebuah keluarga besar, mengajak kita introspeksi," ujar mantan Direktur Marketing PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Muhammad Farhan, Senin (20/6/2022). 

Menurut Farhan, antusiasme Bobotoh menyaksikan penggawa Persib secara langsung di stadion tak perlu diragukan. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami secara bersama-sama dan bijak.

"Introspeksi pertama sebagai sesama bobotoh bahwa antusiasme kita sebagai bentuk kecintaan kepada Persib harus kita kelola bersama, jangan sampai kita terjebak dalam tindakan mengambil tindakan beresiko tinggi," jelasnya. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1512 seconds [12]