Tim Nasional | Detail

Biodata Zahra Muzdalifah, Striker Cantik Milik Garuda Pertiwi

Rania Adyanti
Kamis, 13 Januari 2022, 20:00 WIB
Biodata Zahra Muzdalifah, Striker Cantik Milik Garuda Pertiwi
Kapten Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (Foto: Instagram)

BERIKUT Biodata bintang Timnas Wanita Indonesia Zahra Muzdalifah. Nama Zahra Muzadalifah tentu tak asing didengar jika berbicara timnas sepak bola wanita Indonesia.Zahra akan memimpin rekan-rekannya dalam pertarungan di Piala Asia Wanita 2022 bulan ini di India. Berikut biodata dari pemain berusia 20 tahun, striker andalan Timnas Indonesia bernomor punggung 12 tersebut.

Zahra Muzdalifah bergabung ke Timnas Wanita Indonesia pertama kali sejak usia 17 tahun. Bahkan Zahra jatuh cinta pada sepak bola sejak diperkenalkan sang ayah pada usia 7 tahun. Zahra kemudian memulai perjalanan kariernya di dunia si kulit bundar dengan bergabung ke Sekolah Sepak Bola (SSB) Madani Meruya.

Awal Perjalanan Karier Zahra Muzdalifah
Pada tahun 2012, wanita kelahiran Jakarta 4, April 2001 itu kemudian pindah ke SSB yang lebih tenar yakni ASIOP Football Academy.  Di SSB berjuluk Mutiara dari Senayan tersebut, Zahra mulai berkembang. Ia berhasil meraih sejumlah kejuaraan dari tingkat nasional hingga internasional. Salah satunya meraih Juara pada Norway Cup yang digelar di Norwegia kala itu.

Zahra Muzdalifah

Pesepak bola yang mengidolakan Neymar Junior itu juga berhasil menorehkan prestasi di kancah nasional. Bersama ASIOP, Zahara berhasil membawa pulang juara Liga Kompas Gramedia U-14 pada 2014. 

Memasuki jenjang senior, Zahra juga pernah bermain di klub amatir Ngapak FC dan Jakarta 69. Akan tetapi karier mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Bina Nusantara ini kian populer saat tergabung sebagai anggota dari tim sepak bola putri Persija Jakarta di Liga 1 Putri 2019.

Deretan prestasi non akademik milik Zahra kemudian membantunya masuk ke dalam skuad Timnas Wanita Indonesia. Zahra memperkuat Garuda Pertiwi pada ajang Asian Games 2018. Pada turnamen mayor perdananya itu, ia menyumbangkan dua gol ke gawang Maladewa dan mengantarkan Indonesia menang 6-0.

Di bidang akademik, Zahra menjadi salah satu mahasiswa termuda saat masuk kuliah. Ia telah duduk di bangku Perguruan Tinggi pada usia 15 tahun. Sebelum menempuh jenjang  Universitas, Zahra mampu menyelesaikan sekolahnya hanya selama 10 tahun, dengan mengikuti akselerasi di jenjang SMP dan SMA. 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1133 seconds [13]