logo
Sportainment | Detail

Biodata dan Agama Zhou Guanyu: Pembalap F1 Kebanggaan Tiongkok

Okta Novanto
Selasa, 17 Januari 2023, 18:32 WIB
Biodata dan Agama Zhou Guanyu: Pembalap F1 Kebanggaan Tiongkok
Zhou Guanyu sosok rider Formula 1 kebanggaan warga Tiongkok (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Biodata dan agama Zhou Guanyu menjadi informasi menarik bagi penggemar balap di Asia. Pasalnya ia merupakan salah satu rider Formula 1 kebanggaan warga Tiongkok.

Guanyu sempat mengejutkan publik usai mengalami kecelakaan mengerikan pada ajang F1 Silverstone Juli 2022 lalu. Mobilnya terbalik dan ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit.

Beruntungnya, Guanyu tidak mendapati cedera serius usai kecelakaan. Hal ini berkat teknologi Halo yang ada di setiap jet darat F1 sehingga melindungi para pembalap dari puing-puing mobil.

Penasaran dengan biodata dan agama Zhou Guanyu? Berikut informasi lengkapnya telah SPortstars.id rangkum dari berbagai sumber;

 Zhou Guanyu (Sumber: Instagram)

Biodata dan Agama Zhou Guanyu

Zhou Guanyu merupakan pembalap mobil F1 berkebangsaan Tiongkok. Dirinya lahir pada 30 Mei 1999 di kota Shanghai. Sehingga usianya kini baru menginjak 23 tahun.

Diketahui dari sosial medianya, agama Zhou Guanyu yaitu Kristen. Semasa berkarier di level juniornya, Zhou sudah memulai balapan di saat usianya masih 8 tahun.

Pada 2012, ia pindah ke Sheffield agar mendapatkan pengalaman balap yang lebih kompetitif. Tahun berikutnya bersama tim Strawberry Racing yang berbasis di Sheffield, ia memenangkan Kejuaraan Nasional Rotax Max Junior Super 1 dan Euro Rotax Max.

Lalu di tahun 2015, Zhou bergabung dengan tim Prema Powerteam untuk kejuaraan F4 di Italia. Sosoknya berhasil hattrick di ronde 2 Monza secara konsisten. Usai musim tersebut berakhir juga Zhou berhasil menjadi wakil juara rookie terbaik.

Berselang 2 tahun, Zhou langsung naik di kompetisi F3 bersama tim Motopark untuk mengikuti ajang Kejuaraan FIA F3 Eropa. Meskipun Zhou sukses di Sirkuit Paul Ricard dan Hungaroring dengan finis di posisi 2 podium. 

Sementara di akhir musim ia hanya mampu berada di peringkat 13. Lalu pada 2018, Guanyu memutuskan untuk bergabung dengan tim UNI-Virtuosi Racing untuk mengarungi kompetisi FIA F2 Championship.

Hebatnya, di sirkuit Silverstone, Zhou mencetak Formula 2 pertamanya pada pole position. Ini berarti dia menjadi pembalap Tiongkok pertama yang mampu melakukannya.

Pada momen liburan F2 2021, justru Zhou mengisinya dengan mengikuti ajang Kejuaraan Asia F3 2021 dengan membalap Abu Dhabi Racing by Prema. Dia memenangkan kejuaraan setelah mencapai 4 kemenangan, 5 pole dan 11 podium di musim tersebut.

Setelah menjalani berbagai macam perjuangan, akhirnya Zhou mampu menembus karier Formula 1. Zhou menandatangani kontrak dengan Alfa Romeo untuk Formula Satu musim 2022, menggantikan Antonio Giovinazzi yang pindah ke ajang Formula E.

Dalam 22 balapannya, ia berhasil menorehkan lap tercepat sekali. Mengakhiri musim pada posisi ke 18 dengan 6 poin cukup untuk sebagai capaian awal. Diharapkan Zhou dapat tampil lebih gemilang dalam musim berikutnya.

Demikian informasi mengenai biodata dan agama Zhou Guanyu, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .


 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2005 seconds [13]