Bola Lainnya | Detail

Biodata dan Agama Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Solo

Sulthan Muafa
Jum'at, 24 Juni 2022, 05:44 WIB
Biodata dan Agama Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Solo
Thom Haye memancing perhatian netizen karena memiliki keturunan Indonesia. (FOTO: Twitter @scHeerenveen).

JAKARTA-Biodata dan Agama Thom Haye jadi topik menarik yang perlu diketahui netizen. Karena tidak hanya sebatas kepiawaian dalam sepakbola, namun pemain yang satu ini ternyata juga memiliki darah keturunan Indonesia.

Hal ini pun membuat netizen penasaran bagaimana sosok Thom Haye yang sebenarnya. Yuk langsung simak di bawah ini.

Biodata dan Agama Thom Haye

Dilansir dari berbagai sumber, pemain bola satu ini memiliki nama asli Thom Haye. Dia merupakan pria kelahiran 9 Februari 1995 di Amsterdam, Belanda.

Dia memiliki turunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Diketahui dia memiliki silsilah dan garis keturunan Indonesia tepatnya daerah Solo dan Sulawesi Utara.

Agama Thom Haye

Mengenai agama yang dianut oleh Thom Haye diketahui adalah Kristen. Hal ini diketahui dari unggahannya di sosial media saat makan malam perayaan Natal bersama pasangannya.  

Karier sepakbola Thom Haye 

Sebagai pesepakbola profesional, dia sering mengisi posisi sebagai gelandang. Kini ia tengah memperkuat tim dari Liga Belanda yakni SC Heerenveen. 

Menelusuri jejak perjalannya sampai ke tahap ini pun tidaklah mudah. Tepat di usia 16 tahun Thom Haye masuk ke dalam skuad pertamanya AZ Alkmaar. 

Berkarier bersama AZ Alkmaar, Thom Haye, mampu membuat klubnya perlahan sukses bersinar dengan bersaing di kompetisi Liga Europa. Ia pun juga sering dipercaya untuk masuk ke dalam pemain starter.

Usai tampil maksimal bersama AZ Alkmaar. Tepat 2016 Willem II pun merekrutnya dengan menelan kontrak sampai 2018 silam.

Selepas kontraknya habis, Thom Haye memutuskan untuk hijrah ke Liga Italia, tepatnya ke klub Lecce. Di sana perjalanan kariernya pun hanya menelan satu tahun saja. Memasuki 2019 dia pun dilepas dan kemudian langsung dikontrak dengan ADO Den haag.

Lalu dirinya sempat dipinjamkan ke NAC Breda dengan durasi waktu setengah tahun. Hingga masuk ke Januari 2022 dirinya hengkang ke SC Heerenveen. 

Kiprahnya di paruh kedua 2021/2022 bersama SC Heerenveen telah memberikan performa yang cukup menawan. Pada musim itu gelandang berdarah Indonesia telah mengoleksi sebesar 8 gol 16 assist di seluruh kompetisi.

Sejak Thom Haye telah menunjukkan permainan apiknya dalam mengolah si kulit bundar. Banyak para pendukung dari Indonesia memintanya untuk masuk ke dalam skuad merah putih melalui kolom komentar instagram pribadinya.

Bagaimana tidak, Timnas Indonesia sepertinya membutuhkan pemain asing sekelas dia untuk bergabung ke tim besutan Shin Tae-yong.  Harapannya agar nanti timnas bisa bersaing dalam Piala Asia 2023 mendatang dan tampil gemilang. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1337 seconds [12]