logo
Sportainment | Detail

Biodata dan Agama Theerathon Bunmathan: Pentolan Timnas Thailand Peraih 3 Juara AFF

Intan Rachmasari
Rabu, 18 Januari 2023, 23:59 WIB
Biodata dan Agama Theerathon Bunmathan: Pentolan Timnas Thailand Peraih 3 Juara AFF
Kapten Timnas Thailand Theerathon Bunmathan jadi pemain yang banyak disorot dalam Piala AFF 2023 (Foto: Twitter/@affmecup)

JAKARTA - Biodata dan agama Theerathon Bunmathan menjadi informasi menarik untuk diulas. Namanya banyak disorot usai mengantarkan Timnas Thailand mendapatkan  gelar Juara Piala AFF 2023. 

Mengemban tugas sebagai kapten Timnas Thailand di ajang Piala AFF 2023 ternyata dilakoni dengan baik. Pemain dengan posisi bek kiri yang akrab dengan sistem pertahanan ini ternyata juga handal dalam sistem penyerangan. 

Tak jarang serangannya ini menjadi momok bahaya bagi skuad lawan. Kelihaiannya dalam memberi komando pada rekan skuad berbuah manis. Alhasil Thailand berhasil menjadi juara Piala AFF 2023 untuk kesekian kalinya. 

Lantas bagaimana sosok Theerathon Bunmathan? berikut Sportstars.id akan mengulas biodata dan agamanya ; 

Biodata Theerathon Bunmathan. (Foto: Instagram).

Biodata dan Agama Theerathon Bunmathan

Theerathon Bunmathan adalah pesepak bola profesional asal Thailand yang lahir pada tanggal 6 Februari 1990 di Nonthaburi, Thailand. Dirinya adalah pemain yang menempati posisi bek kiri untuk Buriram United dan Tim Nasional Thailand. 

Dirinya menjadi salah satu andalan Timnas Thailand di beberapa kompetisi, terlebih saat ini perannya sangat penting di Piala AFF 2023. Kemampuannya mengolah si kulit bundar dengan baik, Theerathon Bunmathan sudah menjajaki karier sepak bola di beberapa klub sepak bola. 

Melansir dari laman Transfermarkt, Theerathon Bunmathan pertama kali mengawali karier sepak bola bersama klub pemuda Assumption United pada tahun 2005. Dirinya mulai mengasah kemampuan bermain bolanya di sana hingga tahun 2007. 

Seiring berjalannya waktu dan kemampuannya semakin bertambah, Theerathon Bunmathan mendapat kontrak untuk bermain bersama Raj Pracha FC. Tak berlangsung lama, dirinya hijrah ke Buriram United pada musim 2008/2009. 

Theerathon Bunmathan banyak menimba ilmu di klubnya ini, bahkan dirinya menjelma sebagai pemain bek kiri yang juga mampu mempertahankan lini tengah. Tak hanya itu, sosok Theerathon juga bertugas sebagai pelapis pertahanan. 

Di musim debutnya bersama Buriram United, Theerathon berhasil mengantarkan skuadnya dalam perolehan Juara Thai Champion 2010/2011, Juara Thai League Cup 2010/2011 dan Juara Thai Cup 2010/2011. 

Cukup lama bernaung bersama Buriram United, di musim 2016/2017 Theerathon memutuskan untuk hijrah ke Muangthong United kala itu. Namun kala menjadi bagian dari Muangthong United, dirinya sempat beberapa kali menjadi pemain pinjaman. 

Pada Februari 2018 dirinya pertama kali menjadi pemain pinjaman ke klub di Liga Jepang yakni Vissel Kobe. Kala itu dirinya berhasil bermain sebanyak 35 pertandingan, sebelum akhirnya kembali ke klubnya di Liga Thailand. 

Selepas masa pinjamannya yang pertama pada Januari 2019 dirinya kembali menjadi pinjaman untuk Yokohama F.M. Dirinya memiliki banyak waktu bermain bersama klub keduanya di liga Jepang, hingga akhirnya Theerathon Bunmathan secara resmi menjadi bagian dari Yokohama F.M pada 2020. 

Menyelesaikan kontrak dengan Yokohama F.M pada Desember 2021 dirinya sudah bermain sebanyak 94 caps dengan 4 gol dan 11 assists. Jauh sebelum dirinya bergabung dengan Yokohama F.M, Theerathon sudah mengantarkan Muangthong United meraih 1 trofi Thai Champion, 1 Trofi Thailand Champion dan 1 trofi Thai League. 

Sejak Desember 2021 Theerathon Bunmathan kembali ke Liga Thailand setelah bermain cukup lama di Liga Jepang. Dirinya kembali bersama klub yang sudah membesarkan namanya yakni Buriram United. 

Bersama Buriram United Theerathon berhasil membawa skuadnya meraih 5 trofi Thai Champion, 4 trofi Thailand Champions Cup, 5 trofi Thai Cup Winner dan 5 trofi Thai League Cup Winner. 

Terkait kehidupan pribadinya Theerathon diketahui sudah menikah dengan seorang wanita. Bahkan kehidupan rumah tangganya sudah dikaruniai anak yang menjadi pelengkap rumah tangga keduanya. 

Kini sosok pemain sepak bola ini menjadi salah satu pilar Timnas Thailand di berbagai kesempatan. Bersama Timnas Thailand dirinya berhasil merasakan tiga kali angkat trofi Piala AFF (2019/2020,2021/22,2022/2023). 

Demikian informasi mengenai biodata dan agama Theerathon Bunmathan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2587 seconds [12]