logo
Sportainment | Detail

Biodata dan Agama Ponaryo Astaman: Ex Bintang Timnas Indonesia yang Masuk Bursa Cawaketum PSSI

Wikku D. Nugroho
Rabu, 18 Januari 2023, 15:09 WIB
Biodata dan Agama Ponaryo Astaman: Ex Bintang Timnas Indonesia yang Masuk Bursa Cawaketum PSSI
Ponaryo Astaman memiliki jam terbang tinggi dalam sepak bola modern Indonesia (Foto: Borneofc.id).

JAKARTA - Biodata dan agama Ponaryo Astaman menjadi perhatian para penikmat sepak bola Tanah Air. Usai dirinya resmi mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. 

Tentu saja nama Ponaryo Astaman tidak terdengar asing di telinga para pecinta Timnas Indonesia. Dirinya pernah menjadi andalan di Skuad Garuda di era 2000 an.

Dirinya pernah tampil membela Indonesia dalam berbagai ajang bergengsi di kawasan Asia. Seperti ajang Piala Asia, Piala AFF dan SEA Games. 

Seperti apa sosok dari mantan pemain Timnas sekaligus Cawaketum PSSI periode 2023-2027 tersebut? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai biodata dan agama Ponaryo Astaman;

Ponaryo Astaman (Foto Instagram)

Biodata dan Agama Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 25 September 1979. Di tahun ini dia akan genap berusia 43 tahun. Tatkala masih aktif sebagai pesepakbola, ia terbiasa bermain di posisi gelandang tengah. 

Diketahui jika Ponaryo Astaman menganut agama Islam. Hal itu dibuktikan dengan salah satu postingan di Instagram pribadinya ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri beberapa tahun silam.

Menurut Transfermarkt, Ponaryo Astaman menimba ilmu sepak bola semasa muda di klub Diklat Mandau Bontan dan Persiba Balikpapan (1997-1999). Ia merapat ke klub Pupuk Kaltim pada 2000. 

Empat tahun berselang, Ponaryo Astaman memutuskan hengkang ke PSM Makassar. Dirinya pernah berkarier di Liga Super Malaysia dan memperkuat tim Trengganu Malaysia FC pada 2006. 

Setahun berselang, Ponaryo Astaman kembali berkarier di Tanah Air dan bermain untuk tim Arema Malang. Setelah itu, ia malang melintang di berbagai klub Liga 1 seperti Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persija Jakarta dan sempat kembali ke klub lamanya, PSM Makassar. 

Di level klub, pemain bertinggi 1,72 m itu pernah merengkuh gelar juara Liga Indonesia 2011-2012 bersama Sriwijaya FC, 3 kali runner-up bersama PKT Bontang (1999-2000) dan PSM Makassar (2003 dan 2004) serta menjadi pemain terbaik di musim 2004. 

Sesuai gantung sepatu pada 2018, Ponaryo Astaman sempat menjabat sebagai pelatih kepala Borneo FC di kurun waktu Desember 2017 hingga Januari 2018. Saat ini, ia berposisi sebagai Chief Operating Officer di klub Liga 1, Borneo FC. 

Demikian ulasan mengenai biodata dan agama Ponaryo Astaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1792 seconds [12]