logo
Sportainment | Detail

Biodata dan Agama Oksana Kozyna: Juara Dunia Para Bulu Tangkis dari Ukraina

Intan Rachmasari
Rabu, 16 November 2022, 00:40 WIB
Biodata dan Agama Oksana Kozyna: Juara Dunia Para Bulu Tangkis dari Ukraina 
Oksana Kozyna peraih juara Para Badminton Dunia yang berasal dari Ukraina (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Biodata dan agama Oksana Kozyna menjadi informasi menarik untuk diulas. Namanya kini banyak diperbincangkan karena dia adalah pebulu tangkis pertama Ukraina yang menyabet gelar juara dunia. 

Kozyna menjadi juara dunia setelah memenangkan pertandingan final tunggal putri Standing Lower SL 3 pada HULIC DAIHATSU BWF Para Badminton World Championships 2022 di Tokyo, Minggu (6/11/2022).

Pebulu tangkis asal Ukraina ini berhasil meraih catatan kemenangan atas wakil Turki Halime Yildiz dengan skor 20-22, 21-18, 21-14. Ternyata catatan prestasi yang berhasil diraih Oksana merupakan catatan sejarah prestasi pertama untuk Ukraina dalam ajang ini.

Lantas bagaimana sosok Oksana Kozyna? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas biodata dan agama Oksana Kozyna

Oksana Kozyna Para Badminton (Sumber: Instagram)

Biodata dan Agama Oksana Kozyna

Oksana Kozyna adalah pebulu tangkis Para profesional asal Ukraina. Dirinya lahir pada tanggal 5 November tahun 1994. Di usianya yang menginjak 28 tahun, Oksana mendapat kado terbaik, meraih Juara Dunia Para bulu tangkis dalam ajang HULIC DAIHATSU BWF Para Badminton World Championships 2022.

Terkait Agama sejauh ini belum ada informasi resmi yang menjelaskan agama yang dianut pebulu tangkis cantik asal Ukrainan ini. Oksana Kozyna pertama kali menjalani laga internasional pada Kejuaraan Para-Badminton di tahun 2021 silam.

Pada masa itu dirinya sukses mengantongi gelar pertamanya di Dubai Para-Badminton 2021. Penampilannya cukup impresif, sehingga pantas jika dirinya bisa meraih gelar juara dengan baik.

Kala itu Oksana Kozyna berhasil mengalahkan pebulu tangkis nomor satu dunia yakni Masi joshi. Setelah sukses mengamankan gelar juara di ajang tersebut, Oksana Kozyna kembali meraih gelar juara karena menang di Para-Badminton Internasional Kanada 2022.

Dengan kemampuan bulu tangkisnya, Oksana Kozyna terus menggapai impian untuk bisa menjadi juara di level yang lebih tinggi lagi nantinya. Kemenangannya juga tidak luput dari bantuan Federasi Bulu Tangkis Para Jepang yang membantunya dan rekan satu timnya selama mereka tinggal di Jepang.

Perjuangan seorang Oksana Kozyna sangat berat karena harus hijrah dari tanah airnya di Ukraina ke Prancis, tepatnya di utara kota Lille. Di sana dirinya mendapat bantuan dan dukungan dari tim bulu tangkis Prancis dan komunitas Ukraina yang ada di Prancis.

Dirinya bahkan mendapat fasilitas pelatihan bulu tangkis untuk beberapa bulan. Sementara sebagian besar keluarga Kozyna masih di Ukraina, sehingga dia pun mendedikasikan penampilannya untuk orang-orang terdekatnya. 

Meski kini dirinya harus hijrah ke negara lain untuk mengembangkan karier bulu tangkisnya, Oksana terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di berbagai kesempatan. 

Demikian informasi mengenai Biodata dan agama Oksana Kozyna. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3389 seconds [13]