Liga Inggris | Detail

Biodata dan Agama Bukayo Saka, Pemain Andalan Arsenal dan Timnas Inggris

Wikku D. Nugroho
Kamis, 09 Juni 2022, 03:30 WIB
Biodata dan Agama Bukayo Saka, Pemain Andalan Arsenal dan Timnas Inggris
Bukayo Saka pemain Arsenal yang sedang naik daun (Foto: Reuters/Lee Smith)

JAKARTABiodata dan Agama Bukayo Saka jadi topik menarik buat dibahas. Keluarga Bukayo Saka merupakan keluarga asli Nigeria ingin mendapatkan kehidupan yang layak di Inggris.

Seperti kita ketahui Bukayo Saka merupakan pemain timnas Inggris yang berasal keturunan dari keluarga Nigeria. Namun berkat prestasinya, dia dipanggil oleh pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate untuk masuk skuadnya. 

Kompetisi elit pun pernah dilaluinya bersama timnas Inggris, khususnya adalah Euro 2020. Meskipun Bukayo Saka tidak bisa membawa timnas Inggris juara, dia mendapatkan apresiasi tinggi dari publik sepakbola Inggris.

Arsenal, timnya saat ini juga menjadi aktor utama dalam menemukan bakat Bukayo Saka. Sejak muda, dia telah menekuni sepakbola di Akademi Arsenal. Bakatnya pun tercium oleh Mikel Arteta, pelatih Arsenal untuk memasukkannya ke tim senior Arsenal hingga saat ini. 

Penasaran dengan Biodata dan Agama Bukayo Saka? Simak ulasan berikut ini. 

Biodata dan Agama Bukayo Saka

Bukayo Ayoyinka T. M Saka atau Bukayo Saka, lahir di Elaling, Inggris, pada 5 September 2001. Nama “Bukayo” sendiri serapan dari bahasa Yoruba, Nigeria Selatan yang artinya “Menambah Kebahagiaan”. 

Bukayo Saka merupakan anak dari Yomi Saka (Ayah) dan Adenike Saka (Ibu). Keluarga Bukayo Saka merupakan keluarga asli Nigeria yang berimigrasi ke Inggris karena ingin mencari perekonomian yang lebih baik.

Dia lahir di tengah keluarga Afrika dengan ekonomi menengah ke bawah. Namun kondisinya tersebut tidak menjadikannya halangan untuk meraih mimpinya menjadi pesepakbola profesional dan ia pun meniti karirnya di usia yang sangat belia.

Dilansir beberapa media jika Bukayo Saka memeluk agama Katolik.

Karier Bukayo Saka

Bukayo Saka meniti karier sepakbolanya bersama tim lokal Greenford Celtic. Setelah itu dia bergabung dengan Akademi Arsenal sukses menembus skuad utama berkat Mikel Arteta yang kagum dengan penampilannya di akademi.

Saat ini dia berposisi sebagai penyerang dan gelandang sayap dan bernomor punggung 7, warisan nomor punggung Tomas Rosicky dan Alexis Sanchez. Da memulai debutnya di tim senior Arsenal di tahun 2018 saat berhadapan dengan Vorskla Poltava di ajang Liga Eropa. 

Prestasi individunya antara lain, Pemain Terbaik Arsenal 2020-2021 dan Pemain Muda Terbaik versi IFFHS 2021. Sementara Bukayo Saka mulai dipanggil timnas Inggris ketika masih berumur 16 tahun hingga akhirnya dipanggil pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

Dia mulai membela skuad The Three Lions di tahun 2020. Prestasi tertingginya di timnas sejauh ini yaitu sanggup membawa Inggris menjadi Runner-Up di Euro 2020 lalu.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1431 seconds [13]