logo
Sportainment | Detail

Biodata dan Agama Brittney Griner: Pebasket WNBA yang Bebas dari Penjara Rusia

Wikku D. Nugroho
Sabtu, 14 Januari 2023, 14:29 WIB
Biodata dan Agama Brittney Griner: Pebasket WNBA yang Bebas dari Penjara Rusia
Brittney Griner pebasker WNBA yang memiliki banyak kontroversi hingga ditahan di Rusia dan akhirnya bebas (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Biodata dan agama Brittney Griner menjadi perhatian para penggemar basket NBA. Dia ditahan otoritas keamanan Rusia di Bandara Sheremetyevo, Moskow lantaran kedapatan membawa vape yang mengandung ganja di Rusia pada 17 Februari 2022.

Dia terpaksa menjalani serangkaian persidangan hingga beberapa bulan berselang. Tapi nasib buruk kembali menimpanya. Masa penahanannya di Rusia diperpanjang usai negara tersebut terlibat konflik dengan Ukraina. 

Brittney Griner akhirnya dapat menghirup udara bebas usai Presiden AS Joe Biden setuju bertukar tahanan dengan Rusia. Dimana negara berjuluk Paman Sam itu membebaskan Viktor Bout, seorang pedagang senjata. 

Seperti apa sosok dari pebasket NBA yang sempat dipenjara di Rusia tersebut? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai biodata dan agama Brittney Griner;

Brittney Griner (Sumber: Instagram)

Biodata dan Agama Brittney Griner

Pebasket wanita NBA itu bernama lengkap Brittney Griner. Dia dilahirkan di Houston, Texas, Amerika Serikat pada 18 Oktober 1990. Sehingga di tahun ini dia akan berusia 33 tahun. 

Diketahui jika Brittney Griner merupakan anak dari pasangan Raymond Grinner dan Sandra. Dari unggahannya di Instagram, pebasket bertinggi 2,06 m itu menganut agama Kristen. 

Kecintaannya terhadap dunia basket sudah muncul sejak masa remaja. Dirinya pernah tergabung di klub basket sekolahnya, Nimitz High School di Houston. Setelah itu, Brittney Griner bermain untuk klub basket kampus Baylor di Waco, Texas. 

Bahkan pebasket kelahiran Houston itu pernah mendapatkan penghargaan AP Player of the Year dan Most Outstanding Player of the Final Four. Atas berbagai kesuksesan itu membuat ia terpilih untuk masuk skuad basket Amerika Serikat. 

Hal yang lebih gila lagi, selama memperkuat tim basket negaranya, Brittney Griner dapat mempersembahkan dua medali emas Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu pemain yang kini memperkuat Phoenix Mercury itu juga turut menjuarai berbagai kejuaraan basket dunia lainnya seperti Kejuaraan WNBA dan Piala Dunia FIBA. 

Prestasi Brittney Griner

Juara WNBA 2014 
Enam kali tembus WNBA All Stars (2019, 2018, 2017, 2015, 2014 dan 2013) 
Delapan kali WNBA blocks leader (2013–2019, 2021) 
Dua kali pemain bertahan terbaik WNBA (2014, 2015) 
Medali Emas Olimpiade Rio 2016 
Medali Emas Olimpiade Tokyo 2022 
Medali Emas Kejuaraan Basket Wanita di Turki 2014 
Medali Emas Kejuaraan Basket Wanita di Spanyol 2018 
Empat kali juara kompetisi Euro League (2016, 2018, 2019, 2021)

Demikian ulasan mengenai biodata dan agama Brittney Griner. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 


 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2021 seconds [12]